Seiring berjalannya waktu, ada fenomena baru pada pemasaran digital yang disebut Virtual Influencer, non-manusia yang dibuat oleh Computer Generated Image (CGI) dengan persona yang menyerupai perilaku influencer. Pada fenomena pemasaran digital Virtual Influencer, banyak merek yang mempercayai influencer virtual untuk bekerja sama and hal ini menunjukan bahwa potensi pasar untuk influencer virtual bagus. Namun, terdapat beberapa masalah karena keberadaan virtual influencer dan bagaimana manusia masih menginginkan keasliannya karena kepercayaan adalah pilar utama pemasaran influencer. Interaksi parasosial akan kurang berkembang, dan manusia akan ragu jika mereka sadar bahwa mereka sedang berkomunikasi dengan robot. Selain itu, kebutuhan sosial-emosional masyarakat harus dipenuhi agar robot dapat diterima dari konsumen. Oleh karena itu, tidak dapat dipastikan apakah virtual influencer Indonesia dapat memiliki nilai kredibilitas sumber dalam interaksi parasosial yang terjadi di antara mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara interaksi parasosial, sumber kredibilitas, dan penerimaan virtual influencer pada virtual influencer Indonesia serta menentukan rekomendasi strategi pemasaran yang sesuai bagi virtual influencer Indonesia untuk meningkatkan nilai kredibilitas dan kualitas interaksi parasosial. Penelitian ini menggunakan survei online untuk mendapatkan wawasan tentang interaksi parasosial mereka dengan influencer virtual, penerimaan influencer virtual, dan sumber kredibilitas. Penelitian ini menggunakan PLS-SEM untuk menganalisis hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara interaksi sosial dengan sumber kredibilitas dan penerimaan influencer virtual pada influencer virtual Indonesia dan saling mempengaruhi. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan pemasar virtual influencer Indonesia tentang mengelola dan menciptakan hubungan yang sangat baik dengan para pengikut untuk meningkatkan kualitas interaksi parasosial dan menjadi lebih terkenal baik secara nasional maupun internasional.
Perpustakaan Digital ITB