ABSTRAK_Alika Naila Putri
Terbatas  Perpustakaan Prodi Arsitektur
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Perpustakaan Prodi Arsitektur
» Gedung UPT Perpustakaan
Autism Spectrum Disorder (ASD) merupakan gangguan perkembangan saraf yang memengaruhi perilaku sehari-hari individu, termasuk kemampuan berinteraksi sosial, berkomunikasi, dan belajar. Gejalanya meliputi kesulitan dalam interaksi sosial, perilaku repetitif atau stimming, dan ketertarikan pada sesuatu secara terus menerus, dan disertai dengan penyakit komorbid. Permasalahan sensorik menyebabkan individu ASD kesulitan mengendalikan respons terhadap stimulus lingkungan, sehingga mereka melakukan stimming sebagai upaya menenangkan diri. Namun, perilaku ini sering disalahartikan dan menimbulkan stigma negatif di masyarakat. Individu ASD pada usia produktif dihadapkan pada tantangan yang semakin besar, terutama setelah menyelesaikan pendidikan wajib, di mana tuntutan kemandirian meningkat. Tingkat penerimaan kerja individu ASD tercatat paling rendah dibandingkan kelompok disabilitas lainnya. Proyek ini hadir untuk memfasilitasi tersebut dengan membuat fasilitas pelatihan vokasional yang memiliki pendekatan sensorik guna membuat pembelajaran vokasional yang lebih fokus dan lebih tenang. Fasilitas ini juga dilengkapi dengan area penunjang lainnya seperti area publik dan area magang guna meningkatkan interaksi sosial antara ASD dan juga neurotipikal. Dengan menyediakan sarana interaksi yang inklusif, diharapkan stigma terhadap individu ASD dapat berkurang secara bertahap. Tujuan utama proyek ini adalah menciptakan lingkungan inklusif yang ramah sensorik dan mendukung pemberdayaan individu ASD usia produktif melalui pelatihan vokasional, dengan fokus pada pengendalian rangsangan sensorik, peningkatan interaksi sosial, serta penyediaan ruang-ruang pemberdayaan
Perpustakaan Digital ITB