digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kemajuan teknologi informasi telah mengubah pola dan cara melakukan berbagai aktivitas pada hampir semua bidang kehidupan. Termasuk dalam hal pembelajaran, perkembangan teknologi informasi memberikan kesempatan yang semakin luas untuk dimanfaatkan dalam mendukung proses belajar mengajar maupun untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Learning Style Inventory (LSI) digunakan untuk mengidentifikasikan karakteristik dominan gaya belajar sehingga akan memudahkan dosen didalam memberikan perkuliahan yang terbaik dan diharapkan dapat mengurangi kegagalan mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahan. Langkah penelitian dimulai dengan melakukan identifikasi kebutuhan sistem yang dimodelkan dengan menggunakan usecase diagram, class diagram dan activity diagram, dilanjutkan dengan perancangan basis data, perancangan hirarki aplikasi dan pembuatan aplikasi berbasis web. Aplikasi Learning Style Inventory (LSI) ini menghasilkan output berupa hasil LSI per dosen, hasil LSI per mahasiswa, rekap hasil LSI dosen per program studi, rekap hasil LSI mahasiswa per program studi dan hasil pengalokasian kelas per program studi yang dapat ditampilkan dan dicetak dalam bentuk daftar hadir mahasiswa.