Kemajuan teknologi informasi telah mengubah pola dan cara melakukan berbagai aktivitas pada hampir semua
bidang kehidupan. Termasuk dalam hal pembelajaran, perkembangan teknologi informasi memberikan
kesempatan yang semakin luas untuk dimanfaatkan dalam mendukung proses belajar mengajar maupun untuk
meningkatkan mutu pembelajaran. Learning Style Inventory (LSI) digunakan untuk mengidentifikasikan
karakteristik dominan gaya belajar sehingga akan memudahkan dosen didalam memberikan perkuliahan yang
terbaik dan diharapkan dapat mengurangi kegagalan mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahan. Langkah
penelitian dimulai dengan melakukan identifikasi kebutuhan sistem yang dimodelkan dengan menggunakan
usecase diagram, class diagram dan activity diagram, dilanjutkan dengan perancangan basis data, perancangan
hirarki aplikasi dan pembuatan aplikasi berbasis web. Aplikasi Learning Style Inventory (LSI) ini menghasilkan
output berupa hasil LSI per dosen, hasil LSI per mahasiswa, rekap hasil LSI dosen per program studi, rekap hasil
LSI mahasiswa per program studi dan hasil pengalokasian kelas per program studi yang dapat ditampilkan dan
dicetak dalam bentuk daftar hadir mahasiswa.
Perpustakaan Digital ITB