digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak - Michael Daniel Devino Sitorus
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER - Michael Daniel Devino Sitorus
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB I - Michael Daniel Devino Sitorus
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB II - Michael Daniel Devino Sitorus
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB III - Michael Daniel Devino Sitorus
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB IV - Michael Daniel Devino Sitorus
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB V - Michael Daniel Devino Sitorus
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA - Michael Daniel Devino Sitorus
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN - Michael Daniel Devino Sitorus
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Pertumbuhan urbanisasi di Kota Bandung memicu masalah transportasi, termasuk kemacetan serta layanan angkutan umum yang kurang memadai, khususnya di kawasan Paskal Hyper Square. Penelitian ini menganalisis efisiensi ekonomi moda transportasi mahasiswa ke Paskal Hyper Square dengan pendekatan Biaya Transportasi, yang menggabungkan Biaya Kepemilikan, Biaya Operasional Kendaraan/Tarif dan Nilai Waktu berdasarkan data kuesioner dan sekunder. Hasilnya menunjukkan sepeda motor (pribadi maupun ojek online) sebagai moda dengan Biaya Transportasi yang paling efisien di hampir semua kategori jarak, untuk radius<4 km sekitar Rp130.000-Rp195.000, radius 4-6 km sekitar Rp160.000-Rp240.000, dan radius >6 km sekitar Rp300.000-Rp405.000. Sementara itu, mobil pribadi memiliki Biaya Transportasi tertinggi untuk radius<4 km sekitar Rp5.200.000, radius 4-6 km sekitar Rp5.900.000, dan radius >6 km sekitar Rp7.000.000. Studi ini memberi informasi rasional bagi mahasiswa dan pemangku kebijakan dalam menentukan moda transportasi paling ekonomis.