Abstrak - ARIS RADITA PRAMANA
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Penutupan segmen panjang Jalan Braga selama pelaksanaan Braga Beken berdampak pada pemindahan demand parkir dan arus kendaraan ke fasilitas parkir dan ruas jalan lain, sehingga memengaruhi kinerja ruas jalan dan karakteristik fasilitas parkir di kawasan sekitar Jalan Braga. Penyusunan tugas akhir penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik fasilitas parkir dan kinerja ruas jalan di kawasan sekitar Jalan Braga, serta perbandingannya sebelum dan selama pelaksanaan Braga Beken. Pengumpulan data primer dilakukan dengan metode observasi langsung untuk survei parkir dan kecepatan arus bebas serta metode tidak langsung untuk survei lalu lintas dengan waktu tinjauan 16.00–18.00. Pemodelan mikrosimulasi menggunakan PTV Vissim untuk memodelkan lalu lintas selama dan sebelum pelaksanaan Braga Beken. Pengolahan data dan analisis dilakukan berdasarkan Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir (1998) dari Dirjen Perhubungan Darat serta Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (2023). Hasil analisis menunjukkan bahwa selama Braga Beken, kinerja ruas jalan tinjauan bernilai buruk dengan derajat kejenuhan tertinggi sebesar 0,79, dengan kecepatan kendaraan relatif rendah akibat tingginya volume dan konflik lalu lintas. Karakteristik parkir menunjukkan peningkatan volume, indeks parkir yang tinggi (maksimum 183,33% untuk roda 4 dan 170,64% untuk roda 2), serta akumulasi parkir yang fluktuatif, sementara parking turnover tidak dapat dihitung karena jumlah ruang parkir yang tidak konstan. Dibandingkan kondisi tanpa Braga Beken, kondisi selama Braga Beken memberikan kinerja lalu lintas yang lebih buruk dengan karakteristik parkir menunjukkan peningkatan akibat perpindahan demand parkir dari segmen panjang Jalan Braga.
Perpustakaan Digital ITB