Pertumbuhan jumlah kendaraan setiap tahunnya mengalami peningkatan. Peningkatan jumlah kendaraan berbanding lurus dengan tingkat kemacetan yang terjadi. Salah satu solusi dalam penyelesaian masalah tersebut adalah dengan menerapkan transportasi umum seperti Kereta Kapsul. Untuk menjamin keamanan operasi Kereta Kapsul, perancangan Kereta Kapsul harus memenuhi persyaratan dari standar. Laporan tugas sarjana ini berisi analisis kekuatan struktur rangka bogie Kereta Kapsul berdasarkan PM Perhubungan No. 175 Tahun 2015 dan EN 13749 2011. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis numerik rangka bogie Kereta Kapsul terhadap pembebanan statik berdasarkan EN 13749 dan PM 175. Tingkat keamanan struktur ditentukan berdasarkan kriteria standar. Berdasarkan hasil analisis statik kasus pembebanan beban operasi dan beban berlebih berdasarkan standar EN 13749 2011, tegangan maksimum yang terjadi adalah 427 MPa untuk kasus beban berlebih dan 282 MPa untuk kasus beban operasi biasa. Safety factor terkecil dari semua kasus pembebanan adalah 1,23.
Perpustakaan Digital ITB