digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800








DAFUS TIARA FAZA AULIA
EMBARGO  2028-07-16 

LAMPIRAN TIARA FAZA AULIA
EMBARGO  2028-07-16 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku wisatawan terkait preferensi dan persepsi terhadap pertunjukan dan pelayanan di obyek wisata Saung Angklung Udjo. Pariwisata memiliki peran penting dalam pembangunan wilayah, dengan dampak positif pada aspek ekonomi, sosial, dan budaya. Namun, dinamika perilaku wisatawan yang terus berubah dipengaruhi oleh faktor ekonomi global dan perubahan preferensi, menuntut pemahaman yang mendalam mengenai minat dan penilaian wisatawan terhadap elemen-elemen utama dalam kunjungan mereka. Penelitian ini dilakukan pada obyek wisata Saung Angklung Udjo, hal tersebut dilakukan karena relevannya destinasi tersebut yang menawarkan wisata kreatif dengan pengalaman unik. Pemahaman preferensi dan persepsi wisatawan pun menjadi krusial untuk pengembangan strategi pengelolaan yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan survei sebagai instrumen utama. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji validitas, reliabilitas, normalitas serta tabulasi silang dan uji chi-square. Penelitian ini melibatkan wisatawan yang berkunjung ke Saung Angklung Udjo sebagai sampel, dengan jumlah 150 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik sosio-demografis wisatawan memengaruhi preferensi dan persepsi mereka. Wisatawan dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman wisata yang lebih tinggi cenderung memiliki preferensi terhadap kualitas pertunjukan budaya dan bentuk penyajian interaktif. Namun, aspek kreativitas dan keunikan destinasi juga mampu menarik minat wisatawan dari berbagai kalangan. Persepsi wisatawan terhadap pelayanan dipengaruhi oleh kualitas interaksi petugas, kenyamanan fasilitas, dan pemahaman terhadap nilai budaya yang disampaikan. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman perilaku wisatawan terhadap pariwisata kreatif. Implikasinya adalah pengembangan strategi pengelolaan destinasi yang mempertimbangkan nilai ekonomi dan perlunya dukungan inovasi produk wisata yang relevan dengan preferensi dan persepsi wisatawan yang beragam.