digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kesuksesan penerapan Listrik Pra Bayar di Afrika Selatan telah menginspirasi XYZ untuk menerapkan sistem yang sama di Indonesia. Pada bulan Januari 2008, PT. XYZ Distribusi Jawa Barat dan Banten meluncurkan suatu sistem baru berlangganan listrik dengan menggunakan token yang disebut dengan Listrik Pra Bayar. Sistem ini diluncurkan sebagai suatu alternatif solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh konsumen dalam hal pembayaran listrik, sekaligus membantu konsumen untuk dapat mengendalikan pemakaian listriknya. Penerapkan layanan Listrik Pra Bayar di satu sisi merupakan suatu terobosan yang besar dari XYZ, namun di sisi lain meluncurkan suatu sistem berlangganan listrik baru sebagai alternatif cara berlangganan listrik yang sudah dikenal masyarakat sejak dulu menjadi menjadi tantangan tersendiri untuk XYZ. Untuk itu XYZ harus dapat membangun awareness Listrik Pra Bayar serta edukasi untuk merubah perilaku masyarakat dalam pembayaran listrik. Selain itu, XYZ juga harus melakukan perbaikan terhadap penyampaian komunikasinya ke masyarakat yang selama ini dinilai masih lemah untuk sekaligus meningkatkan imej XYZ. Untuk tujuan tersebut itu dibutuhkan suatu strategi komunikasi pemasaran dengan penentuan strategi penyampaian pesan dan media yang tepat dan juga marketing communication mix yang efektif. Penelitian dilakukan untuk mengetahui perilaku pelanggan dalam pembayaran listrik, persepsi mengenai image pelayanan dan sosialisasi layanan yang dilakukan oleh XYZ, preferensi terhadap media dan konten iklan. Hasil penelitian kemudian memberikan masukan bagi penentuan message strategy dan media strategy. Program marketing communication Listrik Pra Bayar terdiri dari program Marketing Communication Mix yaitu Advertising, Public Relation, Sales Promotion dan Direct Selling. Implementasi tersebut kemudian dijadwalkan dalam sebuah timeline dari bulan Juli sampai dengan Desember 2008.