ABSTRAK Muhammad Rafi Arroyyan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Asia Pasifik merupakan daerah yang memiliki pangsa pasar paling besar dalam penjualan helm
motor. Jumlah motor di Indonesia pun merupakan yang terbanyak ketiga di dunia setelah India
dan China Pada tahun 2020. Setiap motor ini pun memerlukan helm yang membuat kebutuhan
akan helm terus ada dan meningkat di Indonesia. Namun, salah satu faktor penghambat
pembelian helm adalah desain interior helm yang membuat ketidaknyamanan dari pemakaian
helm karena terasa panas, menyebabkan kekurangan nafas akibat dari sirkulasi udara yang
kurang baik, dan membuat ketidaknyamanan secara fisik. Untuk mengatasi permasalahan dari
helm yang berat dan tidak nyaman, produsen menggunakan bahan untuk pembuatan helm
menggunakan Tri-Fiber Composite yang selanjutnya akan disingkat menjadi komposit
merupakan campuran dari fiber, kevlar, dan carbon. Maka dari itu, perusahaan
mengembangkan produk helm baru menggunakan bahan material komposit. Helm komposit
tersebut diberi merek RSV FFC21 yang merupakan produk premium dari RSV.
Untuk meningkatkan penjualan Helm RSV FFC21 diperlukan perancangan strategi
komunikasi pemasaran. Model yang digunakan untuk menyelesaikan masalah pada penelitian
ini adalah diawali dengan analisis klaster untuk membentuk segmen pasar. Kemudian
karakteristik setiap segmennya akan diidentifikasi menggunakan uji tabulasi silang dan uji
kruskal-wallis. Data primer yang digunakan penelitian diperoleh melalui penyebaran kuesioner
secara online. Data yang berhasil diperoleh adalah sebanyak 400 data.
Terdapat 4 segmen yang terbentuk dengan karakteristik yang berbeda satu sama lain, yaitu
Functional Based Customer, High Demand Customer, High Demand with Functional Based
Customer dan Low Demand with Functional Based Customer. Dipilih satu target pasar yaitu
Functional Based Customer. Berdasarkan target pasar terpilih, dibentuklah posisi terhadap
kompetitor serupa serta strategi komunikasi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan
Helm RSV FFC21.