Terbatasnya sarana laboratorium pada sekolah menengah di Indonesia menjadi faktor penghambat dalam pembelajaran sains kimia, padahal kegiatan praktikum merupakan suatu keharusan untuk membangun pembelajaran bermakna pada siswa. Salah satu solusi untuk tetap memberikan kemampuan pembelajaran bermakna dalam keterbatasan ini adalah dengan praktikum secara virtual. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah membuat aplikasi multimedia pembelajaran praktikum secara virtual pada konsep struktur atom dalam bentuk compact disc (CD) dengan menerapkan aspek multimedia. Materi struktur atom dipilih dengan pertimbangan pokok bahasan ini jarang dilakukan pembelajaran praktikumnya. Untuk proses pembangunan digunakan berbagai perangkat lunak meliputi Multimedia Builder, eXe Learning, dan Hot Potatoes, serta perangkat lunak bawaan windows seperti Ms. Word, Notepad, dan Wordpad. Berhasil dibuat suatu CD multimedia yang mencakup materi struktur atom, praktikum Thomson, praktikum Millikan, praktikum Rutherford, dan praktikum Frank-Hertz, serta soal-soal evaluasi interaktif. Pengujian terhadap CD hasil pengembangan telah dilakukan, dengan mencobakannya pada beberapa guru kimia. Hasil pengujian menunjukkan masih adanya kekurangan pada aspek perwajahan untuk percobaan Thomson, dan adanya analisa data dapat mengurangi keterlibatan siswa dalam percobaan virtual itu sendiri. Soal interaktif dianggap merupakan inovasi dengan catatan mempertimbangkan taksonomi bloom. Secara keseluruhan, CD tersebut dapat digunakan untuk melakukan praktikum secara virtual.