digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pada tahun 2018 PISA (Programme for International Student Assessment) khususnya bidang sains internasional, Indonesia menempati posisi 71st dari 79 negara. Peringkat tersebut dapat diatasi dengan menumbuhkan minat sains pada pelajar dan infrastruktur laboratorium yang memadai. Salah satunya pemanfaatan laboratorium virtual dapat berkontribusi untuk meningkatkan proses pengajaran dan pembelajaran sehingga pelajar memperoleh tambahan pengetahuan dan keterampilan sains. Pemanfaatan laboratorium virtual untuk pembelajaran fotosintesis dapat berkontribusi untuk meningkatkan hasil belajar partisipan yang mengikutinya. Penelitian mengembangkan laboratorium virtual tiga dimensi untuk pembelajaran fotosintesis dan menganalisis dampak terhadap hasil belajar. Pengujian dilakukan dengan menggunakan crossover repeated measures design, serta melakukan survei presepsi pengguna dengaan mengadposi TAM-ABET (Technology Acceptance Model - Accreditation Board For Engineering And Technology). Dua kelompok uji dipilih untuk dijadikan objek penelitian, kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengujian dilakukan dengan 2 periode. Berdasarkan dari hasil pembelajaran menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan dari penggunaan laboratorium virtual. Dilihat dari hasil persepsi pengguna laboratorium virtual yang dibangun umumnya positif dan bermanfaat bagi partisipan.