digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pusat inovasi merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan untuk melakukan proses pengembangan kreativitas sebagai usaha yang mendukung peningkatan inovasi baik untuk suatu produk maupun jasa. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari serta mengembangkan model pusat inovasi dalam usaha untuk memajukan industri alas kaki di Cibaduyut, Bandung, Jawa Barat agar mampu menjadi industri kreatif yang sebenarnya. Permasalahan yang diperhatikan dalam penelitian ini didasarkan pada kondisi industri alas kaki di Cibaduyut yang telah dikenal luas sebagai daerah wisata belanja alas kaki di Kota Bandung dan memiliki potensi yang sangat memungkinkan untuk menjadi industri yang berorientasi ekspor dan menghasilkan devisa. Untuk mendapatkan model yang sesuai dengan kondisi industri alas kaki tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, karena dengan metode ini peneliti dapat mengembangkan model Pusat Inovasi berdasarkan pendapat para informan yang berkompeten di bidang ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerangka kerja model pusat inovasi yang sesuai dengan kondisi industri alas kaki di Cibaduyut harus melibatkan lembaga Unit Pelayanan Teknik, dan innovation promotor yang terdiri atas Disperindag Jabar, akademisi, konsultan atau organisasi independent serta pelaku industri itu sendiri. Dari penelitian ini diperoleh beberapa kategori mengenai pengembangan model Pusat Inovasi Cibaduyut yaitu pengembangan Pusat Inovasi Cibaduyut, perkembangan industri alas kaki di Cibaduyut, pengembangan model pusat inovasi, model pusat inovasi untuk industri alas kaki di Cibaduyut, peran innovation promotor, kaitan pusat inovasi dengan UPT dan cluster, permasalahan industri alas kaki di Cibaduyut dan solusinya, visi dan misi, bentuk usaha, tujuan, klien, program kerja, tim manajemen, fasilitas dan layanan, sponsor dan rencana strategi Pusat Inovasi Cibaduyut.