digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tiara Andhienia Fitriadi Putri [17420016]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Dengan pesatnya perkembangan teknologi digital, remaja masa kini banyak menghabiskan waktunya untuk bermain gadget. Mereka berinteraksi di media sosial, berbelanja online, dan mengakses berbagai konten di Internet. Namun, dengan semakin besarnya akses terhadap dunia digital, banyak risiko dan ancaman keamanan mereka. Penindasan maya atau yang lebih dikenalnya sebagai Cyberbullying, sering dijumpai di media sosial yang sedang berkembang pesat di era ini. Dalam konteks tersebut, pengembangan game visual novel dengan fokus pada cyberbullying dapat menjadi solusi yang menarik untuk menjadi media edukasi pada remaja. Penulis menawarkan alternatif pemecahan masalah ini, yaitu dengan merancang game visual novel edukatif, yaitu permainan interaktif berbasis cerita, berfokus pada pengetahuan yang dikemas dalam game dengan teori MDA Framework. Dengan demikian dapat meningkatkan daya tarik anak remaja dan diharapkan meningkatkan kesadaran diri remaja untuk lebih berhati hati dan sadar akan perlakuan Cyberbullying