
Tiara Andhienia Fitriadi Putri [17420016]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Dengan pesatnya perkembangan teknologi digital, remaja masa kini banyak
menghabiskan waktunya untuk bermain gadget. Mereka berinteraksi di media
sosial, berbelanja online, dan mengakses berbagai konten di Internet. Namun,
dengan semakin besarnya akses terhadap dunia digital, banyak risiko dan
ancaman keamanan mereka. Penindasan maya atau yang lebih dikenalnya sebagai
Cyberbullying, sering dijumpai di media sosial yang sedang berkembang pesat di
era ini. Dalam konteks tersebut, pengembangan game visual novel dengan fokus
pada cyberbullying dapat menjadi solusi yang menarik untuk menjadi media
edukasi pada remaja. Penulis menawarkan alternatif pemecahan masalah ini,
yaitu dengan merancang game visual novel edukatif, yaitu permainan interaktif
berbasis cerita, berfokus pada pengetahuan yang dikemas dalam game dengan
teori MDA Framework. Dengan demikian dapat meningkatkan daya tarik anak
remaja dan diharapkan meningkatkan kesadaran diri remaja untuk lebih berhati
hati dan sadar akan perlakuan Cyberbullying