Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi internal dan eksternal Baja Perkasa Roof, faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan customer dalam membeli atap genteng metal pasir, dan strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan angka penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi internal dan eksternal Baja Perkasa Roof memiliki beberapa kekuatan, seperti kapasitas produksi harian yang besar (6.000 meter), produk bersertifikat dari Balai Besar Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri Bahan dan Barang Teknik, garansi produk, produk bebas bahan kimia, dan armada pengiriman yang handal. Namun demikian, terdapat beberapa kelemahan, antara lain harga produk yang lebih tinggi dibandingkan dengan kompetitor, belum memiliki mesin cetak genteng sendiri, belum memiliki mesin pengering, sistem administrasi yang belum terintegrasi, dan belum memiliki hak paten produk. Dibalik semua itu masih terdapat peluang pertumbuhan pendudukan yang akan mempengaruhi permintaan genteng metal pasir, walaupun produk-produk impor juga terus berdatangan ke Indonesia. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan klien untuk membeli produk atap metal pasir antara lain kualitas produk yang baik, harga produk, kemudahan dan fleksibilitas pembayaran, dan layanan pengiriman yang memuaskan. Strategi yang direkomendasikan berdasarkan analisis TOWS untuk meningkatkan angka penjualan Baja Perkasa Roof antara lain memproduksi produk dengan harga yang lebih rendah untuk bersaing dengan kompetitor, gencar melakukan promosi produk bersertifikat, menawarkan program loyalty point kepada pelanggan, dan membeli mesin cetak genteng sendiri.
Perpustakaan Digital ITB