Trem merupakan kendaraan transportasi yang masuk kedalam kategori Light Rail
Vehicle (LRV) atau kereta api ringan yang beroperasi di daerah perkotaan dan
menghubungkan satu daerah dengan daerah lain yang masih dalam satu lingkungan
kota besar. Jalur trem berbeda dengan kereta api konvensional dimana jalur tram
biasanya merupakan jalur khusus yang berada di jalan raya ataupun berdampingan
dengan jalan raya yang dilengkapi dengan pembatas tertentu. Kondisi tersebut
memunculkan tantangan baru dimana trem otonom harus mampu beradaptasi
dengan lingkungan dinamis tesebut. Penelitian ini bertujuan untuk membangun
sistem kendali yang mempertimbangkan kenyamanan penumpang terutama saat
melakukan pengereman atau perlambatan ketika dihadapkan pada situasi dan
kondisi tertentu. Pemodelan dilakukan dengan melakukan sistem identifikasi
menggunakan MATLAB. Perancangan pengendali PI dan PID dilakukan dengan
aplikasi PID tuner MATLAB. Rancangan kendali kemudian di uji menggunakan
simulasi SIMULINK MATLAB untuk melihat kemampuan sistem kendali yang
sudah dirancang dalam memberikan penurunan kecepatan yang nyaman bagi
penumpang. Hasil perancangan pengendali PI dan PID menunjukkan kemampuan
pengendali untuk mengikuti perubahan nilai torsi referensi yang menjaga akselerasi
dan laju perubahan nya tetap dibawan batas kenyamanan. Pengendali PID
menunjukkan kinerja yang lebih baik daripada pengendali PI dalam hal batas
kenyamanan.