digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK_VANESSA MAURA FEBRIANA
PUBLIC Open In Flip Book Lili Sawaludin Mulyadi

Meningkatnya perilaku konsumsi etis dan meningkatnya minat terhadap mode berkelanjutan menjadi dasar bagi terbentuknya pasar konsumen baru untuk fashion berkelanjutan. Mahasiswa adalah individu kunci yang menerima pengetahuan teknis yang dibutuhkan untuk memajukan solusi yang tepat guna meningkatkan perilaku lingkungan. Oleh karena itu, mengembangkan informasi ilmiah tentang apa yang memotivasi orang untuk bertindak secara lingkungan merupakan topik penting yang menjadi perhatian dengan aplikasi praktis untuk bergerak menuju masa depan yang lebih berkelanjutan. Dalam penyelidikan perilaku konsumen terhadap mode berkelanjutan, penulis menggunakan Integrated Behavior Model sebagai kerangka kerja untuk menggambarkan perilaku konsumen terhadap fashion berkelanjutan di antara 210 mahasiswa sarjana di Indonesia. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa norma deskriptif, sikap instrumental, dan efikasi diri merupakan penentu langsung perilaku konsumen terhadap mode berkelanjutan. Analisis uji non-parametrik menunjukkan bahwa konsumsi fashion berkelanjutan dipengaruhi oleh jenis kelamin, sikap instrumental, dan norma subjektif dan injungtif