Abstrak - Humam Putu Darmachaidi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Humam Putu Darmachaidi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Humam Putu Darmachaidi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Humam Putu Darmachaidi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Humam Putu Darmachaidi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Humam Putu Darmachaidi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Humam Putu Darmachaidi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
DAFTAR PUSTAKA Humam Putu Darmachaidi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
LAMPIRAN Humam Putu Darmachaidi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Suspensi merupakan komponen kendaraan yang sangat krusial karena sangat menentukan respons dinamik suatu kendaraan saat terjadi gangguan saat berkendara. Pengaturan suspensi dapat mengubah respons dinamik dengan mengatur kekakuan pegas dan kemampuan peredaman suspensi. Dengan kemajuan teknologi di era sekarang, pengaturan karakteristik suspensi dapat dilakukan secara simultan dengan bentuk gangguan yang diberikan oleh jalan, teknologi tersebut dikenal dengan suspensi semiaktif. Suspensi semiaktif mengubah karakteristik dinamik dilakukan dengan cara mengubah nilai peredaman pada damper. Perubahan tersebut dapat dilakukan dengan penggunaan variabel damper. Sistem kontrol yang digunakan dapat memanfaatkan gangguan yang diberikan pada kendaraan menjadi feedback input agar percepatan yang dirasakan oleh pengendara menjadi lebih kecil.
Penelitian ini akan difokuskan untuk melihat efek dari respons dinamik secara vertikal sebuah badan kereta pada suspensi pasif dan suspensi semiaktif. Akan dilakukan simulasi secara numerik pada MATLAB Simulink untuk mendapatkan respons dinamik dalam arah vertikal, baik yang dimiliki oleh suspensi pasif maupun suspensi semiaktif. Respons dinamik tersebut akan menjadi informasi peningkatan performa dinamik kereta api.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam perancangan suspensi kereta api sehingga dapat meningkatkan kenyamanan berkendara. Selain itu, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan petunjuk penelitian-penelitian mendatang.