Penelitian ini mempelajari lanskap transformatif sektor perbankan, yang
didorong oleh upaya pemerintah dan kemunculan layanan perbankan digital.
Penelitian ini terkonsentrasi pada penanganan isu-isu yang berkaitan dengan
keterlibatan dan loyalitas Nasabah dalam platform perbankan digital Mint Bank,
dengan memeriksa pemanfaatan taktik gamifikasi. Melalui penggunaan
metodologi survei online, tanggapan dari 195 peserta dievaluasi, mengungkap
wawasan penting tentang elemen gamifikasi yang efektif yang disesuaikan dengan
demografi Nasabah Mint. Studi ini menggunakan analisis chi-square untuk
meneliti hubungan antara jenis misi, preferensi hadiah, dan kombinasi
penempatan misi dan hadiah, dengan mempertimbangkan variabel seperti
prioritas tugas, penundaan hadiah, nilai persepsi, dan keterlibatan Nasabah.
Jenis misi yang mengharuskan menyelesaikan tugas tunggal yang dipasangkan
dengan imbalan langsung diidentifikasi sebagai strategi yang disukai, selain
imbalan yang terkait dengan tugas-tugas tertentu seperti poin dan cashback.
Penemuan ini memberikan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti bagi
Manajemen Mint untuk menyempurnakan strategi gamifikasi mereka, dengan
menekankan pentingnya menyelaraskan jenis misi dengan imbalan yang disukai
untuk mendorong keterlibatan yang berkelanjutan. Sebuah rencana aksi strategis
yang terdiri dari tujuh langkah disarankan untuk mengarahkan eksekusi dan
penilaian inisiatif gamifikasi, dengan metrik seperti Tingkat Penyelesaian Misi
dan Peringkat Kepuasan Nasabah yang berfungsi sebagai metrik kinerja yang
penting