digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PT Paramount Enterprise International (PT PEI) merupakan perusahaan pengembang properti. Penjualan properti komersial PT PEI mengalami stagnasi sehingga PT PEI berencana membuat area komersial baru bernama XYZ sebagai pusat perbelanjaan ruang terbuka dengan target pasar generasi muda. Hal ini dilakukan untuk menciptakan daya tarik kawasan dan memacu tingkat penjualan di kawasan tersebut. Konsep area komersial XYZ yang belum jelas dan metode riset pasar yang tidak memadai menjadi masalah yang ingin diselesaikan. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah menentukan apa saja atribut dan level atribut, serta rancangan konsep area komersial XYZ yang optimal berdasarkan preferensi target pasar. Pendekatan kualitatif menggunakan metode focus group discussion (FGD) dilakukan untuk menentukan atribut dan level atribut. Pendekatan kuantitatif menggunakan metode choice based conjoint digunakan untuk menentukan rancangan konsep yang optimal. Eksperimen choice based conjoint dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online kepada target sampel. Data hasil kuesioner diolah sehingga menghasilkan nilai partworth (utilitas) dari setiap level atribut dan nilai importance (kepentingan) dari setiap atribut. Berdasarkan nilai partworth, dapat diketahui profil atau alternatif konsep yang paling optimal sehingga dipertimbangkan dalam perancangan konsep area komersial XYZ. Deskripsi konsep area komersial XYZ yang optimal berdasarkan hasil penelitian ini adalah toko makanan yang didominasi makanan ringan, toko hiburan yang didominasi permainan, toko pakaian yang didominasi pakaian branded, komposisi toko yang didominasi toko hiburan, gaya arsitektur modern-minimalis-industrial, dan lahan parkir di sekeliling bangunan. Keluaran berupa prototipe sederhana dari konsep area komersial XYZ juga dihasilkan pada penelitian ini.