Data ketidakteraturan jalan rel dibutuhkan dalam perancangan kereta api sebagai input simulasi dinamik. Data ketidakteraturan rel hasil pengukuran kereta ukur perlu diolah sebelum digunakan. Program untuk mengolah data ketidakteraturan rel telah dikembangkan oleh lab PPTI KA FTMD ITB dan perlu divalidasi serta disempurnakan sebelum diimplementasikan oleh industri.
Penelitian dimulai dengan pemodelan dan validasi kereta ukur. Data ketidakteraturan hasil program dan respon akselerasi simulasi dibandingkan dengan ketidakteraturan lainnya untuk evaluasi program. Evaluasi yang dilakukan menemukan permasalahan pada program. Berdasarkan evaluasi, maka dilakukan modifikasi pada program. Modifikasi yang dilakukan berhasil dan dibuktikan dengan akselerasi simulasi setelah modifikasi. Setelah itu, dibandingkan akselerasi simulasi dengan akselerasi pengukuran.
Analisis akselerasi setelah modifikasi menunjukkan bahwa akselerasi vertikal pada axle kiri simulasi menyerupai akselerasi pengukuran. Akselerasi badan kereta vertikal simulasi juga sudah menyerupai akselerasi pengukuran, tetapi akselerasi badan kereta lateral berbeda. Perbedaan ini dapat disebabkan kualitas pengukuran, pengolahan data, dan pemodelan kereta ukur.