digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Michael Geraldo Manalu
PUBLIC Resti Andriani

BAB 1 Michael Geraldo Manalu
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Michael Geraldo Manalu
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Michael Geraldo Manalu
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Michael Geraldo Manalu
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Michael Geraldo Manalu
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Michael Geraldo Manalu
Terbatas  Resti Andriani
» Gedung UPT Perpustakaan

Prediksi nilai konvergen dan penentuan penyangga merupakan tantangan dalam melakukan perencanaan konstruksi terowongan dangkal meskipun kedua hal tersebut merupakan aspek yang sangat penting untuk dapat merencanakan suatu terowongan yang stabil, aman, dan dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya. Penelitian ini berfokus pada pemberian solusi dalam menentukan nilai konvergen pada kelas massa batuan sangat baik berdasarkan hubungan karakteristik tipe penyangga dan variasi kedalaman sehingga penentuan konvergen dapat dilakukan dengan cepat melalui luaran dalam penelitian ini. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis kapasitas dan kemampuan penyangga melalui P-M Diagram (EN 1992-1-1) sehingga dapat diperoleh rekomendasi tipe penyangga yang dapat digunakan dalam variasi kedalaman 10 m sampai 60 m. Sistem penyangga yang digunakan merupakan tipikal tipe penyangga pada jalan dua arah (medium section tunnel) dari panduan JSCE, 2016. Diperoleh kurva yang menunjukkan nilai regangan berdasarkan tipe penyangga yang digunakan pada variasi kedalaman. Diperoleh nilai konvergen terbesar pada kedalaman 60 m dengan tipe penyangga 1 sebesar 2.26 cm dengan nilai strain sebesar 0.179 %. Sedangkan, untuk rekomendasi tipe penyangga yang stabil untuk semua kedalaman adalah tipe penyangga 2.