digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara insiden tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dengan loyalitas pelanggan, dengan fokus pada analisis perbandingan operasi Inditex di Belanda dan Indonesia. Menyelidiki dampak insiden CSR terhadap loyalitas pelanggan sangat penting untuk memahami perilaku konsumen dalam berbagai konteks budaya. Melalui pemeriksaan menyeluruh terhadap praktik dan insiden CSR yang dilakukan oleh Inditex, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan di kedua pasar yang berbeda ini. Penelitian ini juga mempertimbangkan efek moderasi dari negara tempat tinggal pelanggan, yaitu Indonesia dan Belanda, serta bagaimana hubungan antara insiden CSR dan loyalitas pelanggan dimediasi oleh kepercayaan terhadap reputasi perusahaan. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman global tentang dampak strategi CSR terhadap hubungan dengan pelanggan, serta menawarkan implikasi praktis bagi perusahaan yang beroperasi di pasar yang beragam.