Rendahnya pencapaian belajar matematika, disebabkan oleh kurangnya
pemanfaatan media belajar, dan metode pembelajaran yang masih berfokus pada
pembelajaran individu. Gamifikasi dan pembelajaran kolaboratif dapat menjadi
solusi; namun, dinamika kolaboratif dalam pembelajaran memiliki potensi negatif
berupa penurunan keterlibatan dan motivasi, yang disebabkan oleh kebutuhan
individu akan penghargaan atas kontribusi mereka di dalam tim. Penelitian ini
berfokus pada pengembangan dan implementasi desain gamifikasi multipemain
kolaboratif peer learning di dalam lingkungan pembelajaran pintar. Desain ini
mengintegrasikan elemen gamifikasi kolaboratif, peer learning, peer assessment,
dan logika fuzzy untuk mengakomodasi kebutuhan individu atas kontribusi mereka
di dalam tim pada permainan edukasi berbasis kuis. Design Research Metodology
(DRM) digunakan sebagai metodologi penelitian, pengujian menggunakan metode
pretest-posttest control group design, pelaksanaan survei menggunakan
Technology Acceptance Model (TAM). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa
implementasi desain gamifikasi multipemain kolaboratif peer learning pada
aplikasi edukasi berbasis kuis telah terbukti memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar pengguna.