digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
PUBLIC Dessy Rondang Monaomi

Transformasi layanan digital merupakan transformasi yang dilakukan pada produk layanan digital. Transformasi layanan digital dalam sektor publik dilakukan dengan tujuan meningkatkan nilai publik seperti kepuasan masyarakat, penghematan anggaran pemerintah, maupun efisiensi birokrasi. Dalam proses transformasi layanan digital dibutuhkan model kematangan untuk mengukur seberapa jauh realisasi proses transformasi layanan digital dibandingkan dengan target transformasi yang diharapkan. Hingga saat ini terdapat beberapa penelitian yang sudah membahas model kematangan transformasi layanan digital untuk sektor publik. Namun, model-model yang ada tersebut masih membahas secara spesifik ke domain tertentu. Belum ditemukan model kematangan yang bersifat umum untuk sektor publik. Model kematangan untuk transformasi layanan digital di sektor publik menjadi penting untuk diteliti karena pemerintah sebagai sektor publik perlu mengetahui sejauh mana transformasi yang mereka lakukan sudah tercapai sesuai dengan target yang direncanakan. Model kematangan yang dibangun nantinya diharapkan dapat menguraikan setiap komponen yang berpengaruh dari proses transformasi layanan digital dan dapat menunjukkan level kematangan layanan digital untuk setiap komponen tersebut. Model ini akan dibangun dengan menggunakan Design Science Research Methodology. Penelitian ini memiliki beberapa tahap pelaksanaan dimulai dari identifikasi masalah, menentukan sasaran, mengembangkan model, demonstrasi, evaluasi, hingga publikasi. Evaluasi terhadap model yang dibangun adalah dengan studi kasus karena artefak dalam penelitian ini berupa naturalistic dan ex post. Dengan studi kasus diharapkan dapat melihat model yang telah dikembangkan terbukti dapat menyelesaikan masalah pada dunia nyata. Model kematangan transformasi layanan digital berhasil dibangun dan diuji. Proses desain model kematangan diakhiri dengan wawancara mendalam para ahli. Model kematangan yang telah dibangun dan dilakukan studi kasus pada Bagian Manajemen Layanan Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS RI). Hasil dari studi kasus menunjukkan tingkat kematangan Bagian Manajemen Layanan BPS RI. Hasil studi kasus juga menunjukkan keseluruhan pelaksanaan proses transformasi layanan digital beserta kelebihan dan kelemahan pelaksanaannya. Diharapkan kedepannya model kematangan transformasi layanan digital pada sektor publik ini digunakan pada instansi yang lain.