Transformasi layanan digital merupakan transformasi yang dilakukan pada produk
layanan digital. Transformasi layanan digital dalam sektor publik dilakukan dengan
tujuan meningkatkan nilai publik seperti kepuasan masyarakat, penghematan anggaran
pemerintah, maupun efisiensi birokrasi. Dalam proses transformasi layanan digital
dibutuhkan model kematangan untuk mengukur seberapa jauh realisasi proses
transformasi layanan digital dibandingkan dengan target transformasi yang diharapkan.
Hingga saat ini terdapat beberapa penelitian yang sudah membahas model kematangan
transformasi layanan digital untuk sektor publik. Namun, model-model yang ada
tersebut masih membahas secara spesifik ke domain tertentu. Belum ditemukan model
kematangan yang bersifat umum untuk sektor publik.
Model kematangan untuk transformasi layanan digital di sektor publik menjadi penting
untuk diteliti karena pemerintah sebagai sektor publik perlu mengetahui sejauh mana
transformasi yang mereka lakukan sudah tercapai sesuai dengan target yang
direncanakan. Model kematangan yang dibangun nantinya diharapkan dapat
menguraikan setiap komponen yang berpengaruh dari proses transformasi layanan
digital dan dapat menunjukkan level kematangan layanan digital untuk setiap
komponen tersebut.
Model ini akan dibangun dengan menggunakan Design Science Research
Methodology. Penelitian ini memiliki beberapa tahap pelaksanaan dimulai dari
identifikasi masalah, menentukan sasaran, mengembangkan model, demonstrasi,
evaluasi, hingga publikasi. Evaluasi terhadap model yang dibangun adalah dengan
studi kasus karena artefak dalam penelitian ini berupa naturalistic dan ex post. Dengan
studi kasus diharapkan dapat melihat model yang telah dikembangkan terbukti dapat
menyelesaikan masalah pada dunia nyata.
Model kematangan transformasi layanan digital berhasil dibangun dan diuji. Proses
desain model kematangan diakhiri dengan wawancara mendalam para ahli. Model
kematangan yang telah dibangun dan dilakukan studi kasus pada Bagian Manajemen
Layanan Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS RI). Hasil dari studi kasus
menunjukkan tingkat kematangan Bagian Manajemen Layanan BPS RI. Hasil studi
kasus juga menunjukkan keseluruhan pelaksanaan proses transformasi layanan digital
beserta kelebihan dan kelemahan pelaksanaannya. Diharapkan kedepannya model
kematangan transformasi layanan digital pada sektor publik ini digunakan pada instansi
yang lain.