digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Mochamad Erlangga Abimanyu
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Mochamad Erlangga Abimanyu
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Mochamad Erlangga Abimanyu
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Mochamad Erlangga Abimanyu
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Mochamad Erlangga Abimanyu
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Mochamad Erlangga Abimanyu
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Mochamad Erlangga Abimanyu
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Perkembangan teknologi memliki peran yang penting dalam mendukung perbaikan kualitas layanan publik yang diberikan oleh instansi pemerintah dan BUMN kepada masyarakat, adapun saat ini teknologi yang mendukung operasional untuk publik sektor dan BUMN masih berjalan diatas infrastruktur tradisional yang masih berjalan menggunakan data center fisik. Peran pemerintah dalam gema Industri 4.0 adalah mendorong transformasi digital yang akan menggabungkan teknologi fisik dan digital menuju satu perubahan yang lebih efisien, rencana ini hendaknya dapat berjalan seiring dengan Roadmap pemerintah dalam mengembangkan kemajuan teknologi yang menunjang operasional pemerintahan. Adopsi cloud computing yang masih rendah khususnya pada sektor public dan BUMN, masih menyisakan kekhawatiran dan tantangan dalam penerapan dan penggunaannya, beberapa faktor non teknis juga menjadi kendala pemerintah dalam penggunaan teknologi tersebut, permasalahan seperti keamanan data, keterbatasan anggaran dan sumber daya internal, belum jelasnya ketentuan pemerintah terkait teknologi cloud serta kurangnya visi dari para pemimpin negara dalam perkembangan teknologi ini menjadi penyebabnya. Penelitian ini memberikan gambaran resolusi bagi instansi pemerintah dan BUMN, serta penyedia teknologi cloud dalam menentukan strategi terbaik apa yang bisa di implementasikan terkait adopsi cloud computing ini di industry pemerintahan Indonesia. Penulis menggunakan beberapa kerangka marketing dan manajemen teknologi seperti PESTLE, Technology Adoption Life Cycle, Technology Acceptance Model serta SWOT dan TOWS untuk mendapatkan gambaran strategi yang tepat serta memberikan ide dari issue pada riset ini.