ABSTRAK - Muhammad Ghani Irhamsyah
PUBLIC Alice Diniarti
BAB 1 Muhammad Ghani Irhamsyah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Muhammad Ghani Irhamsyah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Muhammad Ghani Irhamsyah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Muhammad Ghani Irhamsyah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Muhammad Ghani Irhamsyah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Muhammad Ghani Irhamsyah
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Penelitian ini memperkenalkan model simulasi yang didasarkan pada data eksperimen, dengan tujuan untuk mendekati hasil simulasi dengan hasil eksperimental. Fokusnya adalah pada crash box, yang telah dikembangkan secara ekstensif untuk mengurangi risiko benturan dalam keselamatan otomotif dengan menekankan pada komponen ringan dengan kemampuan penyerapan energi yang tinggi. Keluaran utama yang menjadi perhatian adalah penyerapan energi dan ketahanan terhadap benturan. Secara eksperimental, crash box mencapai nilai penyerapan energi spesifik (SEA) antara 7,15-8,52 kJ/kg dan efisiensi gaya benturan (CFE) antara 0,5-0,75. Untuk memajukan pengembangan ini, simulasi dilakukan untuk membuat model yang mereplikasi temuan eksperimental, menawarkan metode trial-and-error yang efisien untuk penelitian lebih lanjut. Proses simulasi melibatkan optimasi menggunakan metode Taguchi dan ANOVA, dengan parameter seperti kekuatan longitudinal dan transversal serat, modulus longitudinal dan transversal, elemen zona kohesif, dan ketangguhan fraktur. Hasil simulasi menunjukkan kecocokan yang dekat dengan data eksperimental, dengan CFE sebesar 0,56 dan SEA sebesar 7,17 kJ/kg. Penelitian di masa depan dapat berfokus pada modifikasi parameter-parameter ini untuk mencapai hasil yang lebih baik, dengan tujuan akhir untuk mengembangkan crash box yang lebih aman dan lebih hemat biaya.