Nimo Highland, anak perusahaan dari Nimo Land Group di Bandung,
menghadapi angka turnover intention karyawan yang tinggi sebesar 35,16% pada
tahun 2023, menunjukkan rendahnya retensi karyawan. Salah satu faktor yang
berkontribusi adalah kurangnya keterlibatan karyawan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat meningkatkan keterlibatan
karyawan di Nimo Highland dan mengusulkan solusi untuk menerapkan strategi
branding perusahaan yang terintegrasi dengan inisiatif Corporate Social
Responsibility (CSR). Desain penelitian kuantitatif, dimulai dengan wawancara
awal dan mengumpulkan data primer melalui kuesioner dari 36 karyawan.
Kuesioner tersebut mengukur dimensi kerangka Employee Value Proposition
(EVP) yang berfokus pada sektor pariwisata, yaitu Nilai Minat, Nilai Sosial, Nilai
Ekonomi, Nilai Pengembangan, dan Nilai Aplikasi sebagai indikator keterlibatan
karyawan, serta persepsi karyawan terhadap CSR perusahaan. Analisis
menunjukkan dampak signifikan dari Nilai Ekonomi (T-statistik 2,225, tingkat
signifikansi 0,034), Nilai Pengembangan (T-statistik 3,196, tingkat signifikansi
0,003), dan Nilai Aplikasi (T-statistik 3,683, tingkat signifikansi 0,001) terhadap
CSR, yang menunjukkan bahwa faktor-faktor ini secara positif mempengaruhi
keterlibatan karyawan. Rekomendasi strategi branding perusahaan meliputi
menawarkan kompensasi yang kompetitif, pembaruan keuangan yang transparan,
investasi dalam pelatihan dan pengembangan karir karyawan, serta menciptakan
peran pekerjaan yang bermakna dengan program pengakuan. Selain itu, inisiatif
CSR seperti keterlibatan komunitas, praktik keberlanjutan lingkungan, dan
penyuluhan pendidikan diusulkan untuk meningkatkan branding perusahaan.
Dengan menerapkan strategi ini, Nimo Highland dapat secara signifikan
meningkatkan keterlibatan karyawan, sejalan dengan tujuan pertumbuhan
perusahaan dan menciptakan budaya organisasi yang positif. Penelitian lebih
lanjut dapat mengeksplorasi integrasi strategi keterlibatan karyawan yang
berbeda untuk mencapai tingkat retensi dan kepuasan yang lebih tinggi.