Merchandise telah menjadi alat promosi yang populer di berbagai sektor, tak terkecuali pendidikan. Dengan lebih dari dua puluh ribu mahasiswa pada setiap universitas di Indonesia dan pergantian mahasiswa yang tinggi setiap tahun, potensi pasar dan permintaan tetap sangat menjanjikan. ITB Press, yang saat ini dalam tahun kedua sebagai penjual merchandise resmi ITB, tengah menghadapi tantangan penjualan rendah dan kurangnya kesadaran merek di kalangan mahasiswa. Hal ini mendadakan diperlukannya penetrasi pasar yang lebih baik. Studi ini mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi niat pembelian target pasar mereka, mahasiswa dan alumni ITB, dengan fokus pada 4P dari bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi) dan rasa kepemilikan mahasiswa, yang dimediasi oleh sikap. Pendekatan kuantitatif komprehensif dengan analisis jalur dengan bantuan SPSS dilakukan untuk menganalisis hubungan antar variabel. Melalui penyebaran kuesioner, 221 responden yang terdiri atas mahasiswa aktif dan alumni ITB terkumpul dalam penelitian ini. Ditemukan bahwa, selain variabel Tempat, seluruh prediktor berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian, dengan sikap berperan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini mengungkapkan bahwa produk ITB Press memiliki persepsi positif di kalangan mahasiswa. Motivasi pembelian merchandise yang utama ialah kebanggaan dan koneksi mahasiswa dengan ITB serta produk itu sendiri, dengan perhatian utama pada desain, kualitas, dan variasi. Oleh karena itu, ITB Press perlu fokus untuk membuat produk yang menarik sesuai dengan preferensi mahasiswa untuk menjaga persepsi positif, sembari menjaga keseimbangan antara harga dan promosi, serta mempertahankan saluran distribusi yang nyaman dan mudah diakses. Studi ini menyorot pentingnya memahami motivasi dan persepsi baik dari mahasiswa maupun alumni, yang memberikan wawasan berharga bagi ITB Press untuk menyempurnakan pendekatan pemasaran mereka