digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Fonny Mulia
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Penelitian ini menganalisa strategi adaptasi dan peluang pertumbuhan untuk Ciputra Beach Resort di industri properti yang sangat kompetitif di Bali. Penelitian ini berfokus pada pengidentifikasian faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan dalam memutuskan untuk membeli properti di Bali dan menemukan kesenjangan antara faktor yang dianggap penting oleh pelanggan dan faktor yang dipandang oleh PT. CNDP penting di mata pelanggan. Kebutuhan untuk penelitian ini timbul dari penjualan yang stagnan dalam proyek. Sementara industri properti di Bali telah pulih dari stagnansi selama Pandemi Covid-19, penjualan tetap stagnan. Masalah ini mendorong pentingnya eksplorasi untuk memahami faktor-faktor yang menyebabkan penjualan stagnan. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, dengan data primer yang dikumpulkan melalui metode kuantitatif dan kualitatif sementara data sekunder yang dikumpulkan dari data internal, jurnal dan buku. Data kuantitatif dikumpulkan melalui kuesioner yang melibatkan responden yang berniat membeli properti di Bali. Survei ini melibatkan 178 responden dari berbagai segmen demografis. Hasil yang dikumpulkan dari kuesioner dianalisis secara deskriptif menggunakan metode tabulasi silang. Alasan untuk menggunakan metode tabulasi silang berasal dari kebutuhan untuk mengetahui hubungan antara variabel. Dari analisis data kuantitatif, pengumpulan data kualitatif dilakukan untuk mengeksplorasi lebih lanjut faktor-faktor tersebut dan untuk memvalidasi data dari kuesioner. Data kualitatif dilakukan melalui wawancara dengan pihak eksternal dan internal yang terlibat di Ciputra Beach Resort. Responden eksternal adalah perwakilan responden yang telah mengisi kuesioner dan responden internal adalah manajemen Ciputra Beach Resort. Dari hasil wawancara, data dianalisis dengan metode pengkodean untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang paling sering muncul. Banyak penelitian yang mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan dalam membeli properti. Penelitian ini menggunakan pendekatan 7P marketing mix sebagai parameter dari faktor-faktor. Penelitian ini juga menawarkan perspektif lain dengan mengeksplorasi kesenjangan yang dapat menimbulkan masalah nantinya. Temuan dalam penelitian iv ini sejalan dengan beberapa studi yang telah dilakukan sebelumnya dan juga menyarankan bahwa ada kesenjangan antara faktor-faktor yang dianggap penting oleh pelanggan dan oleh manajemen PT. CNDP. Untuk pelanggan, faktor-faktor penting termasuk tempat, harga, orang dan kategori produk, sedangkan untuk manajemen PT. CNDP, faktor penting melibatkan tempat, orang, harga dan produk. Meskipun mungkin tampak serupa, sub-faktor dalam ‘7P marketing mix’ berbeda antara pelanggan dan manajemen PT. CNDP. Setelah mengidentifikasi kesenjangan tersebut, penelitian ini mengeksplorasi lebih lanjut tentang strategi yang telah diimplementasikan oleh PT. CNDP. Beberapa strategi telah sesuai dengan harapan pelanggan, tetapi beberapa dari strategi tersebut membutuhkan penyesuaian untuk beradaptasi dengan harapan klien. Selain penyesuaian strategi, penelitian ini juga menganalisis peluang pertumbuhan untuk Ciputra Beach Resort. Studi ini mengungkapkan beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan yang tidak dipertimbangkan dalam studi sebelumnya dan menawarkan dimensi lain tentang pentingnya penyesuaian perspektif. Penelitian ini menekankan bahwa perusahaan harus selalu meninjau dan menyesuaikan strategi mereka untuk memenuhi harapan pelanggan agar tetap relevan, terutama dalam lanskap bisnis yang sangat kompetitif.