digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi semangat komitmen gotong royong , berbagi pengetahuan, niat berperilaku untuk mengadopsi, dan ekonomi kolaboratif pada platform digital. Fokusnya adalah pada platform digital yang memfasilitasi interaksi antar pemangku kepentingan, dengan harapan interaksi ini akan memperkuat nilai gotong royong dan mendorong berbagi pengetahuan serta komitmen dalam menciptakan inovasi produk dan layanan. Untuk mengatasi permasalahan penelitian, kami akan menerapkan metode campuran sekuensial eksploratif dalam penelitian ini. Pendekatan ini diawali dengan tahap penelitian kualitatif kemudian menggali sudut pandang partisipan. Pendekatan kualitatif dilakukan melalui wawancara terhadap 26 pemangku kepentingan yang mempunyai keahlian di bidang terkait dan penelitian kuantitatif lanjutan yang melibatkan 105 responden untuk validasi. Pada tahap ini analisis statistik, termasuk pemodelan persamaan struktural (SEM), digunakan untuk menguji hipotesis dan mengidentifikasi hubungan antar variabel terkait. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa gotong royong memiliki efek positif terhadap berbagi pengetahuan, baik secara langsung maupun melalui mediasi komitmen. Komitmen itu sendiri juga berpengaruh positif terhadap niat perilaku untuk mengadopsi. Niat perilaku ini, pada gilirannya, mendukung ekonomi kolaboratif, yang mengonfirmasi validitas hipotesis yang terkait. Namun, berbagi pengetahuan tidak memiliki dampak positif langsung terhadap ekonomi kolaboratif, meskipun kerja sama timbal balik memberikan dampak positif pada ekonomi kolaboratif. Secara keseluruhan, temuan ini menyoroti pentingnya nilai gotong royong, berbagi pengetahuan, dan komitmen dalam memperkuat ekonomi kolaboratif. Meskipun berbagi pengetahuan tidak berdampak signifikan secara langsung pada ekonomi kolaboratif, hal ini tetap memiliki signifikansi yang penting dalam konteks yang lebih luas.