digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Konsep Berkelanjutan telah menjadi bagian yang terhubung dari kehidupan masyarakat modern hingga brand digunakan sebagai sebuah identitas diri dan gaya hidup penggunanya. Perkembangan konsep berkelanjutan juga terlihat dalam berkembangnya brand yang fokus pada nilai-nilai berkelanjutan. Melalui Aktivasi branding sebagai bagian dari strategi branding penyampaian pesan berkelanjutan tersebut dapat menunjukan brand dengan konsep berkelanjutannya. Penelitian ini menggunakan brand Sejauh Mata Memandang sebagai studi kasus untuk mengeksplorasi bagaimana aktivasi branding yang fokus pada kegiatan sebuah pameran dapat menyampaikan nilai-nilai berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami implementasi konsep berkelanjutan dalam branding Sejauh Mata Memandang dan bagaimana aktivasi branding pada brand tersebut mencerminkan citra produk berkelanjutan. Melalui pendekatan kualitatif interpretatif dengan menggunakan analisis semiotika untuk mengungkap makna dan refleksi citra juga analisis isi aspek berkelanjutan pada pembentukan aktivasi branding untuk mengidentifikasi elemen pembentuk branding berkelanjutan. Hasil analisis ini dapat mengetahui bagaimana refleksi desain berkelanjutan dalam aktivasi branding dapat mengkomunikasikan nilai-nilai berkelanjutan pada sebuah brand.