digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Audrey Meiza Hazelia
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Audrey Meiza Hazelia
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Audrey Meiza Hazelia
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Audrey Meiza Hazelia
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Audrey Meiza Hazelia
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Audrey Meiza Hazelia
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Audrey Meiza Hazelia
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Kafé Sembilan, yang terletak di Bintaro, South Tangerang, didirikan pada Maret 2021 dengan visi untuk menjadi kafe berbasis acara yang mengadakan berbagai event seperti screening film, musik live dan pameran seni. Meskipun menawarkan acara yang beragam, café ini mengalami penurunan pendapatan utama karena menggantungkan keuntungan kepada penyewaan ruang atau tempat daripada bisnis inti kafe, yang menyebabkan tidak tercapainya target keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah membantu Kafe Sembilan meningkatkan penjualan dan jumlah pengunjung melalui strategi pemasaran yang efektif. Penelitian dimulai dengan menganalisis lingkungan internal dan eksternal. Untuk faktor internal, dilakukan wawancara mendalam dengan pemangku kepentingan internal café, untuk menganalisis VRIO, Value Chain, STP, Flower of Service, dan Marketing Mix. Untuk analisis eksternal, data digunakan untuk menganalisis PESTLE, Porter’s Five Forces, dan Competitor Analysis. Penelitian kuantitatif juga dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 159 responden untuk analisis pelanggan. Dari analisis ini, kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman terhadap Kafe Sembilan dapat diidentifikas. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti mengusulkan strategi segmentasi, targeting, dan positioning baru dengan melakukan Analisis Klaster, menghasilkan tiga segmen pasar. Target pasar yang diusulkan untuk Kafe Sembilan diperoleh dari gabungan dua segmen. Studi ini juga mengusulkan Marketing Mix baru, yang menampilkan menu yang disederhanakan dengan fokus pada makanan ringan dan berbagai pilihan kopi, strategi penetapan harga yang kompetitif, pendekatan promosi agresif dengan memanfaatkan media sosial dan teknik pemasaran eksperimental, serta mengusulkan langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti untuk meningkatkan desain interior dan eksterior kafe.