Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PT ARRA Busana Muslim merupakan salah satu perusahaan yang berfokus pada industri
fashion muslim. PT ARRA menjual berbagai produk busana muslim seperti baju koko,
gamis, dan baju muslim sarimbit. Saat ini PT ARRA sedang berada dalam masa transisi dari
model bisnis reseller ke model bisnis waralaba atau franchise. Franchise yang ditawarkan
PT ARRA menawarkan beberapa layanan tambahan kepada franchisee. Pengembangan jasa
baru franchise toko online (FTO) memerlukan pemahaman mendalam tentang jasa yang
paling dipentingkan oleh konsumen jasa FTO. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan
untuk membantu PT ARRA mengetahui preferensi konsumen terkait jasa FTO dan mengisi
kesenjangan informasi karena layanan jasa FTO baru dikembangkan. Preferensi didasari
pada penyusun paket jasa franchise toko online.
Penelitian ini menggunakan analisis konjoin dengan teknik choice-based conjoint (CBC)
untuk memahami preferensi konsumen terhadap paket jasa FTO. Atribut jasa FTO yang
digunakan pada penelitian ini adalah kedetailan laporan, frekuensi pengiriman laporan,
layanan customer service, bantuan pengisian katalog, dan optimasi toko. Metode sampling
yang digunakan adalah non-probability sampling dengan jenis judgmental sampling. Pada
penelitian ini diperoleh data sebanyak 202 responden melalui kuesioner daring.
Analisis CBC dengan hierarchical Bayes digunakan untuk mengetahui tingkat kepentingan
atribut dan level yang disukai konsumen berdasarkan nilai part-worth dan importance. Pada
penelitian ini juga dilakukan analisis cluster dengan metode agglomerative hierarchical
clustering untuk melakukan segmentasi konsumen. Berdasarkan hasil clustering, diperoleh
segmen konsumen FTO yang homogen sehingga perancangan usulan paket jasa FTO
dilakukan untuk seluruh segmen konsumen FTO (undifferentiated marketing). Hasil paket
jasa yang terpilih adalah laporan detail mingguan dengan layanan customer service prioritas,
bantuan pengisian katalog, dan optimasi toko (optimasi judul, foto, dan pemasangan iklan).
Harga layanan FTO dicari menggunakan analisis sensitivitas dengan metode Van
Westendorp berdasarkan preferensi konsumen. Harga produk optimal (OPP) adalah sebesar
Rp1.300.000 dengan jangkauan harga ideal sesuai preferensi konsumen adalah
Rp1.300.000-1.550.000.