digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak Fatimah Azzahra [17420002]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Dewasa muda adalah sebuah fase hidup yang ditandai oleh perubahan lingkungan, eksplorasi identitas, kecemasan, ketidakstabilan, dan ketidakpastian. Berbagai tantangan tersebut berkolerasi secara langsung dengan peningkatan penderitaan emosional pada kelompok dewasa muda. Nostalgia adalah sebuah emosi yang ditandakan oleh kehangatan, kebahagiaan, kerinduan, serta kesedihan akan momen-momen masa lalu yang tidak bisa dikembalikan. Berbagai penelitian menyatakan bahwa nostalgia muncul sebagai coping mechanism yang berguna dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis, terutama pada kelompok yang rentan akan penderitaan emosional seperti dewasa muda. Perancangan ini bertujuan untuk menciptakan sebuah karya yang mengeksplorasi, menggambarkan, serta menimbulkan nostalgia bagi kalangan dewasa muda Indonesia melewati media audio-visual yang bersifat bebas, abstrak, dan personal, yaitu film animasi eksperimental multimedia. Menggunakan data yang didapatkan melalui kuesioner yang diisi oleh 60 responden serta rekomendasi perancangan dari narasumber, diseleksi kumpulan kenangan-kenangan hidup dewasa muda Indonesia yang kemudian digarap menjadi film animasi eksperimental pendek yang mengeksplor, menggambarkan, serta menimbulkan nostalgia bagi penonton dewasa muda.