Abstrak Yesenia Hayfa Permata Anjani [17020037]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
“Hampa” merupakan karya simulasi Virtual Reality berbasis toursimulator yang dibuat dengan
tujuan menyampaikan gagasan penulis mengenai perspektif sekaligus merepresentasikan
ruangan ambang atau liminal space. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia berinteraksi dengan
berbagai ruang, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, terutama ruang publik. Namun,
terdapat momen di mana ruang-ruang tersebut menjadi sunyi, fenomena ruang kosong selama
pandemi, di mana fungsi ruang publik menjadi terhenti dengan penurunan aktivitas manusia.
Secara khusus, ruang publik yang sebelumnya ramai dengan aktivitas manusia berkumpul,
ketika kegiatan tersebut lenyap, sering kali menghasilkan kebingungan terhadap situasi yang
tidak lazim. Kebingungan tersebut membawa penulis merasakan dua situasi yang terjadi secara
bersamaan, yaitu kecemasan dan kesedihan akan eksistensi manusia yang hilang. Situasi
tersebut membangkitkan refleksi penulis tentang jati diri yang membingungkan. Fenomena
tersebut kemudian menginspirasi penulis untuk menyadari bahwa liminal space dapat
diaplikasikan pada dualisme antara yang material dan immaterial. Dengan mewujudkan "dunia
yang tersembunyi" tersebut, menghadirkannya ruang-ruang yang menghubungkan realitas fisik
dengan dimensi emosional dan psikologis yang tak terlihat. Penulis melihat bahwa fenomena
tersebut masih melekat dan tidak bisa dihindari, di mana kondisi disorientasi yang membekas
saat pandemi masih dirasakan hingga saat ini.
Judul karya “Hampa” dipilih untuk mewakili gagasan penulis yaitu tentang kekosongan dan
perasaan kebingungan yang muncul dari ketidakadaan tujuan atau makna dalam hidup. Penulis
sering memunculkan pemikiran tersebut, terutama ketika berada di ruangan yang sepi, tanpa
eksistensial manusia di dalamnya, menjadi benar-benar individu. Penulis dalam karya ini
mengelaborasinya dengan gagasan dan mengolah ruang lingkup tersebut dengan kajian
mengenai simulasi pada Virtual Reality sebagai seni media baru serta nilai interaktivitas di
dalamnya.