digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak Yesenia Hayfa Permata Anjani [17020037]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

“Hampa” merupakan karya simulasi Virtual Reality berbasis toursimulator yang dibuat dengan tujuan menyampaikan gagasan penulis mengenai perspektif sekaligus merepresentasikan ruangan ambang atau liminal space. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia berinteraksi dengan berbagai ruang, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, terutama ruang publik. Namun, terdapat momen di mana ruang-ruang tersebut menjadi sunyi, fenomena ruang kosong selama pandemi, di mana fungsi ruang publik menjadi terhenti dengan penurunan aktivitas manusia. Secara khusus, ruang publik yang sebelumnya ramai dengan aktivitas manusia berkumpul, ketika kegiatan tersebut lenyap, sering kali menghasilkan kebingungan terhadap situasi yang tidak lazim. Kebingungan tersebut membawa penulis merasakan dua situasi yang terjadi secara bersamaan, yaitu kecemasan dan kesedihan akan eksistensi manusia yang hilang. Situasi tersebut membangkitkan refleksi penulis tentang jati diri yang membingungkan. Fenomena tersebut kemudian menginspirasi penulis untuk menyadari bahwa liminal space dapat diaplikasikan pada dualisme antara yang material dan immaterial. Dengan mewujudkan "dunia yang tersembunyi" tersebut, menghadirkannya ruang-ruang yang menghubungkan realitas fisik dengan dimensi emosional dan psikologis yang tak terlihat. Penulis melihat bahwa fenomena tersebut masih melekat dan tidak bisa dihindari, di mana kondisi disorientasi yang membekas saat pandemi masih dirasakan hingga saat ini. Judul karya “Hampa” dipilih untuk mewakili gagasan penulis yaitu tentang kekosongan dan perasaan kebingungan yang muncul dari ketidakadaan tujuan atau makna dalam hidup. Penulis sering memunculkan pemikiran tersebut, terutama ketika berada di ruangan yang sepi, tanpa eksistensial manusia di dalamnya, menjadi benar-benar individu. Penulis dalam karya ini mengelaborasinya dengan gagasan dan mengolah ruang lingkup tersebut dengan kajian mengenai simulasi pada Virtual Reality sebagai seni media baru serta nilai interaktivitas di dalamnya.