digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PT Soka Cipta Niaga merupakan salah satu perusahaan industri fashion halal di Indonesia yang dikenal dengan produk kaus kakinya. PT Soka menghadapi tantangan berupa siklus produksi yang tidak efisien. Setelah ditelusuri, ditemukan bahwa PT Soka belum menentukan target pasar dan mengetahui preferensi konsumen secara mendalam. PT Soka belum melakukan pendekatan riset pasar dalam mengembangkan produknya sehingga produk berpotensi tidak sesuai dengan ekspektasi konsumen. Penelitian diawali dengan riset pasar menggunakan analisis choice based conjoint (CBC) untuk memahami preferensi konsumen Indonesia terhadap kaus kaki. Terdapat lima atribut kaus kaki yang digunakan yaitu warna, motif, model, jenis material, dan panjang. Pengumpulan data dilakukan dengan judgmental sampling dan snowball sampling melalui penyebaran kuesioner secara daring. Pengumpulan data primer menghasilkan 203 responden. Data diolah menggunakan metode estimasi hierarchical Bayes (HB) untuk mengetahui preferensi konsumen Indonesia terhadap kaus kaki baik secara individu maupun keseluruhan. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa konsep kaus kaki sesuai preferensi konsumen Indonesia memiliki warna gelap, motif, model biasa (tidak ada jarak antar jari), panjang high ankle, dan material katun. Kemudian dilakukan proses identifikasi segmentasi pasar menggunakan regresi logistik kelas laten yang menghasilkan tiga segmen: youth essentials, chic and stylish, serta timeless. Segmen youth essentials dipilih sebagai target pasar karena memiliki jumlah individu terbesar. Harga optimal dan jangkauan harga yang dapat diterima konsumen untuk konsep produk terpilih ditentukan menggunakan Van Westendorp price sensitivity meter. Konsep produk terpilih adalah konsep produk yang disukai segmen youth essentials. Konsep produk yang dikembangkan memiliki warna netral, motif, model biasa (tidak ada jarak antar jari), panjang high ankle, dan material katun. Produk dapat dijual dalam bentuk satuan maupun bundle, dengan harga satuan berkisar antara Rp24.500-Rp40.000.