Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PT Soka Cipta Niaga merupakan salah satu perusahaan industri fashion halal di Indonesia
yang dikenal dengan produk kaus kakinya. PT Soka menghadapi tantangan berupa siklus
produksi yang tidak efisien. Setelah ditelusuri, ditemukan bahwa PT Soka belum
menentukan target pasar dan mengetahui preferensi konsumen secara mendalam. PT Soka
belum melakukan pendekatan riset pasar dalam mengembangkan produknya sehingga
produk berpotensi tidak sesuai dengan ekspektasi konsumen. Penelitian diawali dengan riset
pasar menggunakan analisis choice based conjoint (CBC) untuk memahami preferensi
konsumen Indonesia terhadap kaus kaki. Terdapat lima atribut kaus kaki yang digunakan
yaitu warna, motif, model, jenis material, dan panjang. Pengumpulan data dilakukan dengan
judgmental sampling dan snowball sampling melalui penyebaran kuesioner secara daring.
Pengumpulan data primer menghasilkan 203 responden. Data diolah menggunakan metode
estimasi hierarchical Bayes (HB) untuk mengetahui preferensi konsumen Indonesia
terhadap kaus kaki baik secara individu maupun keseluruhan.
Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa konsep kaus kaki sesuai preferensi konsumen
Indonesia memiliki warna gelap, motif, model biasa (tidak ada jarak antar jari), panjang high
ankle, dan material katun. Kemudian dilakukan proses identifikasi segmentasi pasar
menggunakan regresi logistik kelas laten yang menghasilkan tiga segmen: youth essentials,
chic and stylish, serta timeless. Segmen youth essentials dipilih sebagai target pasar karena
memiliki jumlah individu terbesar. Harga optimal dan jangkauan harga yang dapat diterima
konsumen untuk konsep produk terpilih ditentukan menggunakan Van Westendorp price
sensitivity meter. Konsep produk terpilih adalah konsep produk yang disukai segmen youth
essentials. Konsep produk yang dikembangkan memiliki warna netral, motif, model biasa
(tidak ada jarak antar jari), panjang high ankle, dan material katun. Produk dapat dijual dalam
bentuk satuan maupun bundle, dengan harga satuan berkisar antara Rp24.500-Rp40.000.