digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PT X adalah sebuah perusahaan manufaktur lembaran logam yang memproduksi pesanan secara insourcing dan outsourcing. PT X membuat sales order (SO) sebagai dokumen informasi pesanan. Selama produksi, pemberian respons kepada pelanggan sering membutuhkan waktu yang lama karena pengecakan data masih dilakukan secara manual. Hal itu disebabkan oleh tidak lengkapnya data yang dimiliki oleh chatbot dan tidak adanya platform yang bisa digunakan untuk melakukan konfigurasi kontak pelanggan dan perusahaan subcontractor. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kebutuhan sistem informasi chatbot management, memberikan usulan perbaikan proses bisnis pada PT X, dan merancang sistem informasi chatbot management sesuai dengan kebutuhan PT X. Sistem informasi chatbot management dirancang dengan menggunakan metodologi Framework for the Application of System Thinking (FAST) yang terdiri atas 8 tahap, yaitu scope definition, problem analysis, requirement analysis, logical design, decision analysis, physical design and integration, construction and testing, serta installation and delivery. Namun, penelitian ini tidak mencakup tahap installation and delivery. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem informasi chatbot management mampu mendukung efektivitas sistem chatbot sudah ada sebelumnya. Sistem chatbot management bisa digunakan untuk menyimpan data tentang pesanan dan mengatur kontak yang akan menerima notifikasi dari chatbot (pelanggan dan perusahaan subcontractor). Sistem informasi yang dirancang telah terverifikasi terhadap kebutuhan fungsional dan nonfungsional sistem dan telah tervalidasi terhadap proses bisnis usulan yang akan diterapkan oleh PT X. Selanjutnya, dilakukan juga beberapa analisis terhadap solusi sistem informasi yang dirancang, yaitu kelebihan dan kekurangan sistem informasi, penggunaan teknologi modern, dan implikasi manajerial. Dengan demikian, sistem informasi chatbot management yang dirancang dianggap sudah dapat menyelesaikan permasalahan PT X.