digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Kemampuan manajemen strategis dibutuhkan tidak hanya oleh perusahaan besar, namun juga usaha kecil dan menengah. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah istilah untuk usaha kecil dan menengah yang digunakan di Indonesia. Kendala dalam manajemen strategis pemasaran terjadi di salah satu UMKM di daerah Dago, Bandung yaitu Aurora Beauty Bar. Aurora Beauty Bar adalah UMKM yang bergerak di bidang jasa perawatan kecantikan yang menargetkan segmen pelanggan yaitu wanita dari seluruh kalangan usia. Berdasarkan hasil wawancara dengan divisi pemasaran Aurora Beauty Bar, aktivitas pemasaran yang dijalankan oleh divisi pemasaran belum didasarkan oleh strategi komunikasi pemasaran yang terstruktur. Hal ini ditandai oleh menunjukkan bahwa pelanggan Aurora Beauty Bar didominasi oleh mahasiswa, publikasi konten yang tidak merata untuk seluruh layanan. Untuk itu, dibutuhkan komunikasi pemasaran yang efektif agar seluruh layanan dapat tersampaikan dengan lebih baik dan pendapatan Aurora Beauty Bar dapat meningkat. Strategi komunikasi pemasaran dimulai dengan mengidentifikasi strategi korporasi perusahaan, identifikasi strategi bauran pemasaran existing, dan analisis customer, competitor, dan company atau analisis 3C, dan aspek kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang dari setiap bagian analisis 3C. Berdasarkan hasil identifikasi dan analisis tersebut, dibentuk matriks SWOT dan identifikasi serta perbaikan strategi segmentation, targeting, dan positioning (STP), yang selanjutnya dapat dilakukan perancangan usulan strategi komunikasi pemasaran. Usulan strategi komunikasi pemasaran yang dihasilkan terdiri dari delapan strategi yang mencakup proses perawatan, promosi perawatan, Daily Aurorans Interaction, tips and trick untuk perawatan nail, eyelash, #EduTreatment wax dan facial, foto hasil pengerjaan perawatan, logo dan keterangan perawatan pada banner studio, dan promosi influencer. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, telah dihasilkan strategi bauran pemasaran existing, strategi STP existing beserta perbaikannya, dan usulan strategi komunikasi pemasaran yang dapat diimplementasikan oleh Aurora Beauty Bar.