Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Elvana Sport merupakan sebuah brand peralatan olahraga bulutangkis. Sejak tahun
1980, strategi bisnis yang digunakan oleh Elvana Sport masih berupa business to
business (B2B). Namun, seiring berkembangnya zaman, Elvana Sport memutuskan
untuk menambah strategi bisnis mereka dan memulai untuk melakukan penjualan
secara online dan menggunakan Instagram sebagai media pemasaran. Dalam
keberjalanan pengunaan strategi penjualan online, terdapat masalah dimana jumlah
pelanggan yang dimiliki oleh Elvana Sport mengalami tren penurunan. Hal ini
berbanding terbalik dengan terjadinya peningkatan engagement pada Instagram
Elvana Sport yang digunakan sebagai media pemasaran. Dari hal tersebut terjadi gap
permasalahan dimana seharusnya engagement yang tinggi berbanding lurus dengan
bertambahnya jumlah pelanggan dari Elvana Sport. Berdasarkan gap tersebut,
diketahui bahwa akar permasalahan yang terjadi dan difokuskan pada penelitian kali
ini terdapat pada strategi pemasaran dan rancangan konten yang selama ini
diterapkan oleh Elvana Sport masih belum efektif. Maka dari itu, pada penelitian kali
ini akan dirancang strategi content marketing yang dapat mengakuisisi pelanggan
potensial dari Elvana Sport.
Dalam merancang strategi content marketing yang tepat dan sesuai dengan
kebutuhan dari konsumen, perlu diketahui hal apa saja yang dapat meningkatkan
intensi konsumen untuk melakukan pembelian produk di Instagram. Maka dari itu,
pada penelitian ini akan digunakan metode analisis faktor untuk mengetahui faktor
yang dapat meningkatkan intensi pembelian produk di Instagram bagi pelanggan
potensial dari Elvana Sport. Dari hasil analisis faktor yang telah dilakukan, akan
dirancang strategi content marketing berdasarkan satu faktor yang memiliki nilai rata
– rata indikator tertinggi sebagai dasar perancangan strategi content marketing.
Kemudian, hasil rancangan strategi content marketing akan diuji menggunakan uji
Mann-Whitney U test.
Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa ditemukan lima faktor utama, yaitu
keterlibatan dan interaksi di Instagram, harga dan kualitas produk, ulasan dan
informasi produk, promosi dan penawaran khusus, serta word-of-mouth. Faktor ke-
3, yaitu ulasan dan informasi produk menjadi faktor yang dipilih sebagai dasar
perancangan strategi content marketing karena memiliki nilai rata – rata indikator
tertinggi sehingga terdiri dari indikator yang paling merepresentasikan kebutuhan
dari konsumen. Dari hasil penentuan faktor tersebut, dibuat rancangan strategi
content marketing usulan berupa pembuatan konten ulasan produk dari pelanggan
setia yang nantinya dimasukkan ke dalam highlights Instagram Elvana Sport dan
dilakukan secara rutin. Selain itu, dibuat juga konten informasi produk yang
menyampaikan detail dan spesifikasi. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan,
rancangan konten usulan dapat meningkatkan intensi dari konsumen untuk
melakukan pembelian produk yang lebih tinggi dibandingkan dengan konten
terdahulu.