digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Elvana Sport merupakan sebuah brand peralatan olahraga bulutangkis. Sejak tahun 1980, strategi bisnis yang digunakan oleh Elvana Sport masih berupa business to business (B2B). Namun, seiring berkembangnya zaman, Elvana Sport memutuskan untuk menambah strategi bisnis mereka dan memulai untuk melakukan penjualan secara online dan menggunakan Instagram sebagai media pemasaran. Dalam keberjalanan pengunaan strategi penjualan online, terdapat masalah dimana jumlah pelanggan yang dimiliki oleh Elvana Sport mengalami tren penurunan. Hal ini berbanding terbalik dengan terjadinya peningkatan engagement pada Instagram Elvana Sport yang digunakan sebagai media pemasaran. Dari hal tersebut terjadi gap permasalahan dimana seharusnya engagement yang tinggi berbanding lurus dengan bertambahnya jumlah pelanggan dari Elvana Sport. Berdasarkan gap tersebut, diketahui bahwa akar permasalahan yang terjadi dan difokuskan pada penelitian kali ini terdapat pada strategi pemasaran dan rancangan konten yang selama ini diterapkan oleh Elvana Sport masih belum efektif. Maka dari itu, pada penelitian kali ini akan dirancang strategi content marketing yang dapat mengakuisisi pelanggan potensial dari Elvana Sport. Dalam merancang strategi content marketing yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dari konsumen, perlu diketahui hal apa saja yang dapat meningkatkan intensi konsumen untuk melakukan pembelian produk di Instagram. Maka dari itu, pada penelitian ini akan digunakan metode analisis faktor untuk mengetahui faktor yang dapat meningkatkan intensi pembelian produk di Instagram bagi pelanggan potensial dari Elvana Sport. Dari hasil analisis faktor yang telah dilakukan, akan dirancang strategi content marketing berdasarkan satu faktor yang memiliki nilai rata – rata indikator tertinggi sebagai dasar perancangan strategi content marketing. Kemudian, hasil rancangan strategi content marketing akan diuji menggunakan uji Mann-Whitney U test. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa ditemukan lima faktor utama, yaitu keterlibatan dan interaksi di Instagram, harga dan kualitas produk, ulasan dan informasi produk, promosi dan penawaran khusus, serta word-of-mouth. Faktor ke- 3, yaitu ulasan dan informasi produk menjadi faktor yang dipilih sebagai dasar perancangan strategi content marketing karena memiliki nilai rata – rata indikator tertinggi sehingga terdiri dari indikator yang paling merepresentasikan kebutuhan dari konsumen. Dari hasil penentuan faktor tersebut, dibuat rancangan strategi content marketing usulan berupa pembuatan konten ulasan produk dari pelanggan setia yang nantinya dimasukkan ke dalam highlights Instagram Elvana Sport dan dilakukan secara rutin. Selain itu, dibuat juga konten informasi produk yang menyampaikan detail dan spesifikasi. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, rancangan konten usulan dapat meningkatkan intensi dari konsumen untuk melakukan pembelian produk yang lebih tinggi dibandingkan dengan konten terdahulu.