digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Nicolas Hadisurya
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Nicolas Hadisurya
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Nicolas Hadisurya
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Nicolas Hadisurya
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Nicolas Hadisurya
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Nicolas Hadisurya
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Nicolas Hadisurya
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Dalam beberapa tahun terakhir, industri transportasi berbasis aplikasi telah muncul sebagai disruptor, mengubah paradigma transportasi perkotaan secara global. Industri ini telah mengkontribusikan pertumbuhan dan persaingan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan banyak pemain bersaing untuk dominasi pasar. Tesis ini bertujuan untuk menganalisis dinamika persaingan dalam industri transportasi berbasis aplikasi, terutama Gojek, dengan fokus pada dimensi kuantitatif dari niat beli dan strategi pemasaran. Dengan menggunakan metodologi pengelompokan K-means, penelitian ini bertujuan tidak hanya untuk mengukur karakteristik perilaku pelanggan tetapi juga untuk membedah strategi pemasaran spesifik yang diterapkan oleh perusahaan untuk mengamankan posisi pasar mereka. Ulasan literatur mengkontekstualisasikan evolusi historis industri transportasi berbasis aplikasi, ekonomi berbagi, konsep niat beli, dan teori pemasaran yang bersumber dari penelitian akademis dan jurnal untuk membangun pemahaman komprehensif tentang tantangan yang dihadapi oleh perusahaan yang beroperasi di ruang dinamis ini. Tujuan utama penelitian ini mencakup pemeriksaan yang cermat tentang dinamika strategi kompetitif, analisis pesaing, inovasi teknologi dan gangguan, serta strategi akuisisi dan retensi pelanggan dalam lanskap transportasi berbasis aplikasi. Dinamika kompetitif merupakan titik fokus analisis, membongkar taktik yang digunakan oleh pesaing untuk memperoleh dan mempertahankan pangsa pasar. Dari model penetapan harga yang agresif hingga diversifikasi layanan, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pendekatan yang diadopsi dalam upaya mencapai supremasi industri. Inovasi teknologi dan gangguan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari narasi transportasi berbasis aplikasi, membentuk dinamika kompetitif dan pengalaman pengguna. Dari munculnya penetapan harga dinamis hingga integrasi kecerdasan buatan, studi ini secara kritis menilai bagaimana kemajuan teknologi mempengaruhi strategi perusahaan transportasi berbasis aplikasi dan mendefinisikan lanskap industri. Selain itu, penelitian ini menyelidiki tantangan dalam mengakuisisi dan mempertahankan pelanggan dalam lingkungan di mana loyalitas semakin sulit dicapai. Dengan analisis yang meluas sampai pada efektivitas strategi pemasaran, program loyalitas, dan pengalaman pelanggan secara keseluruhan, studi ini bertujuan untuk mengungkap kompleksitas hubungan pelanggan dalam pasar yang sangat kompetitif. Metodologi yang digunakan mengadopsi pendekatan campuran, menggabungkan metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif. Diskusi mendalam dengan manajemen akan dilakukan, dilengkapi dengan survei dan wawancara dengan konsumen dan tim managemen Gojek. Analisis statistik di mana pengelompokan k-means akan digunakan untuk mendapatkan wawasan dari tren pola pasar dan preferensi pengguna, memberikan dasar yang kokoh untuk temuan. Signifikansi dari penelitian ini terletak pada potensinya untuk memberikan kerangka strategi pemasaran, dan inovasi dalam sektor transportasi berbasis aplikasi. Dengan menawarkan eksplorasi yang halus terhadap isu bisnis yang terkait dengan meningkatnya persaingan, tesis ini bertujuan untuk memberikan kontribusi dan menawarkan wawasan kepada manajemen dan pemangku kepentingan Gojek. Pada akhirnya, dalam era perubahan transformasional, ketika industri transportasi berbasis aplikasi menghadapi tantangan dan peluang yang dihadirkan oleh persaingan yang semakin intens, penelitian ini berusaha untuk memberikan peta jalan komprehensif bagi pemangku kepentingan untuk berkembang dalam lanskap transportasi perkotaan yang dinamis dan cepat berubah.