Dalam beberapa tahun terakhir, industri transportasi berbasis aplikasi telah muncul sebagai
disruptor, mengubah paradigma transportasi perkotaan secara global. Industri ini telah
mengkontribusikan pertumbuhan dan persaingan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan
banyak pemain bersaing untuk dominasi pasar. Tesis ini bertujuan untuk menganalisis dinamika
persaingan dalam industri transportasi berbasis aplikasi, terutama Gojek, dengan fokus pada
dimensi kuantitatif dari niat beli dan strategi pemasaran. Dengan menggunakan metodologi
pengelompokan K-means, penelitian ini bertujuan tidak hanya untuk mengukur karakteristik
perilaku pelanggan tetapi juga untuk membedah strategi pemasaran spesifik yang diterapkan oleh
perusahaan untuk mengamankan posisi pasar mereka.
Ulasan literatur mengkontekstualisasikan evolusi historis industri transportasi berbasis aplikasi,
ekonomi berbagi, konsep niat beli, dan teori pemasaran yang bersumber dari penelitian akademis
dan jurnal untuk membangun pemahaman komprehensif tentang tantangan yang dihadapi oleh
perusahaan yang beroperasi di ruang dinamis ini. Tujuan utama penelitian ini mencakup
pemeriksaan yang cermat tentang dinamika strategi kompetitif, analisis pesaing, inovasi
teknologi dan gangguan, serta strategi akuisisi dan retensi pelanggan dalam lanskap transportasi
berbasis aplikasi.
Dinamika kompetitif merupakan titik fokus analisis, membongkar taktik yang digunakan oleh
pesaing untuk memperoleh dan mempertahankan pangsa pasar. Dari model penetapan harga yang
agresif hingga diversifikasi layanan, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pendekatan yang
diadopsi dalam upaya mencapai supremasi industri. Inovasi teknologi dan gangguan telah
menjadi bagian tak terpisahkan dari narasi transportasi berbasis aplikasi, membentuk dinamika
kompetitif dan pengalaman pengguna. Dari munculnya penetapan harga dinamis hingga integrasi
kecerdasan buatan, studi ini secara kritis menilai bagaimana kemajuan teknologi mempengaruhi
strategi perusahaan transportasi berbasis aplikasi dan mendefinisikan lanskap industri. Selain itu,
penelitian ini menyelidiki tantangan dalam mengakuisisi dan mempertahankan pelanggan dalam
lingkungan di mana loyalitas semakin sulit dicapai. Dengan analisis yang meluas sampai pada
efektivitas strategi pemasaran, program loyalitas, dan pengalaman pelanggan secara keseluruhan,
studi ini bertujuan untuk mengungkap kompleksitas hubungan pelanggan dalam pasar yang
sangat kompetitif.
Metodologi yang digunakan mengadopsi pendekatan campuran, menggabungkan metodologi
penelitian kualitatif dan kuantitatif. Diskusi mendalam dengan manajemen akan dilakukan,
dilengkapi dengan survei dan wawancara dengan konsumen dan tim managemen Gojek. Analisis
statistik di mana pengelompokan k-means akan digunakan untuk mendapatkan wawasan dari
tren pola pasar dan preferensi pengguna, memberikan dasar yang kokoh untuk temuan.
Signifikansi dari penelitian ini terletak pada potensinya untuk memberikan kerangka strategi
pemasaran, dan inovasi dalam sektor transportasi berbasis aplikasi. Dengan menawarkan
eksplorasi yang halus terhadap isu bisnis yang terkait dengan meningkatnya persaingan, tesis ini
bertujuan untuk memberikan kontribusi dan menawarkan wawasan kepada manajemen dan
pemangku kepentingan Gojek. Pada akhirnya, dalam era perubahan transformasional, ketika
industri transportasi berbasis aplikasi menghadapi tantangan dan peluang yang dihadirkan oleh
persaingan yang semakin intens, penelitian ini berusaha untuk memberikan peta jalan
komprehensif bagi pemangku kepentingan untuk berkembang dalam lanskap transportasi
perkotaan yang dinamis dan cepat berubah.