digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Andhika Suhud
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Andhika Suhud
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Andhika Suhud
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Andhika Suhud
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Andhika Suhud
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Andhika Suhud
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Andhika Suhud
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

CarbonEthics merupakan sebuah perusahaan yang berawal dari sebuah yayasana yang bergerak untuk memberikan edukasi dan inspirasi kepada setiap individu dan institusi yang memilki untuk mencegah kerusakan iklim sekarang menjadi sebuah perusahaan yang bisa menjadi inisiator proyek carbon yang dapat menghilangkan emisi karbon yang dapat merusak iklim dan lingkungan. Bisnis untuk menjaga iklim dan lingkungan ini sangat dibutuhkan oleh Indonesia agar dapat memenuhi komitmen Indonesia dalam upaya pengendalian perubahan iklim global tercermin dalam partisipasinya pada para negara pihak yang telah mengikuti Perjanjian Paris wajib menyampaikan Nationally Determined Contributions (NDC) yang berisi target penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) hingga tahun 2030. Hingga saat ini CarbonEthics mampu untuk membuat project yang dapat menyerap sebesar 6.6 ribu ton gas CO2e dan mempunyai lahan penanaman mangrove sekitar 7.5 hektar. Dengan beberapa target yang dimiliki oleh CarbonEthics dalam peningkatan penyerapan gas CO2e dan penanaman lahan sampai 2030, sehingga CarbonEthics harus dapat meningkatkan penjualan dan pasar bisnis yang mereka dengan cara dapat meningkatkan partisipasi kerjasama dengan pemerintah Indonesia dan beberapa institusi perusahaan dalam penananaman blue carbon ecosystem dan carbon credit. Dari hasil analisis internal CarbonEthics memiliki sudah mempunyai kekuatan dalam pengalaman membuat dan melakukan proyek yang dapat mengurangi emisi karbon. CarbonEthics mempunyai kualitas dan standar bibit pohon mangrove yang tinggi dan bibit yang dijual oleh CarbonEthics termasuk dapat dibeli dengan harga yang terjangkau, dengan kualitas dan harga yang bersaing diharapkan sehingga proyek yang dilakukan saat ini menghasilkan penyerapan gas emisi karbon yang besar di Indonesia. Tingginya kualitas bibit yang dimiliki CarbonEthics menjadi sebuah kelemahan perusahaan, sehingga perusahaan harus mampu mendapatkan pendanaan agar dapat menghasilkan dan menjaga kualitas yang dimiliki, dengan kelemahan ini CarbonEthics harus mampu untuk memasarkan hasil proyek yang ada dan sudah berjalan sehingga dapat menarik calon investor ataupun perusahaan pendanaan untuk dapat mendukung dalam kegiatan bisnisnya. CarbonEthics juga memiliki kesempatan untuk mampu bersaing dan menjalin kerjasama dengan penggiat bisnis seperti Jejakin dan Fairatmos dengan tujuan kegiatan bisnis yang sama untuk menjaga perubahan iklim di Indonesia dan mencapai tujuan NDC Indonesia di tahun 2030. Strategi pemasaran dan bisnis yang telah diusulkan penulis dapat menjadi alat bantu untuk perusahaan agar dapat meningkatkan pasar bisnis CarbonEthics di Indonesia. Sehingga CarbonEthics dapat mencapai tujuan untuk menjadi perusahaan yang memiliki produk usaha dalam melakukan carbon offset dan fasilitator dalam verifikasi untuk carbon credit yang dapat dibeli oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia.