CarbonEthics merupakan sebuah perusahaan yang berawal dari sebuah yayasana yang bergerak untuk
memberikan edukasi dan inspirasi kepada setiap individu dan institusi yang memilki untuk mencegah
kerusakan iklim sekarang menjadi sebuah perusahaan yang bisa menjadi inisiator proyek carbon yang
dapat menghilangkan emisi karbon yang dapat merusak iklim dan lingkungan. Bisnis untuk menjaga
iklim dan lingkungan ini sangat dibutuhkan oleh Indonesia agar dapat memenuhi komitmen Indonesia
dalam upaya pengendalian perubahan iklim global tercermin dalam partisipasinya pada para negara
pihak yang telah mengikuti Perjanjian Paris wajib menyampaikan Nationally Determined Contributions
(NDC) yang berisi target penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) hingga tahun 2030. Hingga saat ini
CarbonEthics mampu untuk membuat project yang dapat menyerap sebesar 6.6 ribu ton gas CO2e dan
mempunyai lahan penanaman mangrove sekitar 7.5 hektar. Dengan beberapa target yang dimiliki oleh
CarbonEthics dalam peningkatan penyerapan gas CO2e dan penanaman lahan sampai 2030, sehingga
CarbonEthics harus dapat meningkatkan penjualan dan pasar bisnis yang mereka dengan cara dapat
meningkatkan partisipasi kerjasama dengan pemerintah Indonesia dan beberapa institusi perusahaan
dalam penananaman blue carbon ecosystem dan carbon credit.
Dari hasil analisis internal CarbonEthics memiliki sudah mempunyai kekuatan dalam pengalaman
membuat dan melakukan proyek yang dapat mengurangi emisi karbon. CarbonEthics mempunyai
kualitas dan standar bibit pohon mangrove yang tinggi dan bibit yang dijual oleh CarbonEthics termasuk
dapat dibeli dengan harga yang terjangkau, dengan kualitas dan harga yang bersaing diharapkan
sehingga proyek yang dilakukan saat ini menghasilkan penyerapan gas emisi karbon yang besar di
Indonesia. Tingginya kualitas bibit yang dimiliki CarbonEthics menjadi sebuah kelemahan perusahaan,
sehingga perusahaan harus mampu mendapatkan pendanaan agar dapat menghasilkan dan menjaga
kualitas yang dimiliki, dengan kelemahan ini CarbonEthics harus mampu untuk memasarkan hasil
proyek yang ada dan sudah berjalan sehingga dapat menarik calon investor ataupun perusahaan
pendanaan untuk dapat mendukung dalam kegiatan bisnisnya. CarbonEthics juga memiliki kesempatan
untuk mampu bersaing dan menjalin kerjasama dengan penggiat bisnis seperti Jejakin dan Fairatmos
dengan tujuan kegiatan bisnis yang sama untuk menjaga perubahan iklim di Indonesia dan mencapai
tujuan NDC Indonesia di tahun 2030. Strategi pemasaran dan bisnis yang telah diusulkan penulis dapat
menjadi alat bantu untuk perusahaan agar dapat meningkatkan pasar bisnis CarbonEthics di Indonesia.
Sehingga CarbonEthics dapat mencapai tujuan untuk menjadi perusahaan yang memiliki produk usaha
dalam melakukan carbon offset dan fasilitator dalam verifikasi untuk carbon credit yang dapat dibeli
oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia.