digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Keterlibatan konsumen merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja perusahaan, aspek ini mencerminkan interaksi antara pelanggan dan brand. Gamifikasi merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterlibatan konsumen. Penelitian ini mengkaji pengaruh gamifikasi terhadap keterlibatan pelanggan di platform e-commerce Shopee. Dalam era digital yang berkembang pesat, gamifikasi telah menjadi strategi yang populer untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan menciptakan pengalaman yang menyenangkan dan interaktif. Shopee, sebagai salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia telah mengimplementasikan berbagai elemen gamifikasi untuk menarik perhatian pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei online yang melibatkan 212 responden pengguna aktif Shopee dari Jakarta dan Bandung yang berusia antara 18 - 35 tahun. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk menguji hubungan antar konstruk gamifikasi, kepuasan bermain, dan keterlibatan pelanggan. Hasil penelitian menunjukan bahwa semua dimensi pengalaman bermain yang meliputi pencapaian, tantangan, kompetisi, imersi, kesenangan, dan pengalaman sosial yang memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan bermain. Selanjutnya, kepuasan bermain juga memiliki pengaruh positif yang kuat terhadap keterlibatan pelanggan. Penelitian ini memberikan wawasan bagi Shopee dan pelaku e-commerce lainnya tentang pentingnya gamifikasi untuk meningkatkan kepuasan dan keterlibatan pelanggan. Implementasi strategi gamifikasi yang efektif dapat mendorong platform e-commerce untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih menarik.