digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2024 SK PP Final Peoject_19221011 - Ghifalda Annisa Desomsoni_2
Terbatas Jufrizal Effendi, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

Sektor kecantikan di Indonesia saat ini sedang mengalami ekspansi yang pesat, didorong oleh meningkatnya kesadaran konsumen dan tren peningkatan kemauan dan kemampuan masyarakat dalam mengeluarkan uang untuk produk dan perawatan kecantikan. Wilayah Bandung Raya merupakan salah satu kota dengan pengeluaran tertinggi untuk industri kecantikan, hal ini menunjukkan adanya peluang pertumbuhan yang signifikan di sektor ini. Nala Beauty Bar, yang didirikan di Lampung pada tahun 2019, telah merelokasi tokonya ke Bandung, mencerminkan tren yang ada dengan menawarkan berbagai perawatan kosmetik semi permanen yang dirancang khusus untuk memberdayakan individu dan meningkatkan rasa percaya diri. Tujuan utama salon ini adalah untuk menantang standar kecantikan konvensional dan tekanan masyarakat dengan memprioritaskan pengembangan kepercayaan diri di antara para pelanggannya. Nala Beauty Bar sangat menekankan kelayakan dan keberlanjutan operasi keuangannya untuk memastikan kelangsungan jangka panjang. Hal ini dicapai melalui investasi strategis di bidang teknologi dan pasokan, serta perencanaan keuangan yang cermat. Studi ini mengevaluasi kelayakan finansial perluasan Nala Beauty Bar di Bandung dengan menggunakan analisis skenario untuk mengidentifikasi dan menganalisis iii potensi risiko. Metodologi penelitiannya adalah penelitian tindakan, yang melibatkan proses siklus perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi untuk terus meningkatkan model bisnis. Studi tersebut mengungkapkan periode pengembalian modal selama 2,2 tahun dan Tingkat Pengembalian Internal (IRR) yang mengesankan sebesar 46,94%, melampaui Biaya Modal Rata-Rata Tertimbang (WACC) sebesar 9,48%. Selanjutnya Net Present Value (NPV) pada skenario dasar bernilai positif sebesar Rp 109.791.609,53 menunjukkan tingkat profitabilitas yang signifikan. Temuan ini menggarisbawahi peluang strategis bagi Nala Beauty Bar untuk meningkatkan kesejahteraan finansialnya dengan menyediakan perawatan kecantikan yang meningkatkan kepercayaan diri di Bandung.