digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Mierakigai adalah perusahaan konsultasi yang menyediakan jasa pembuatan strategi pemasaran digital bagi UMKM. Klien Mierakigai umumnya memasarkan produknya secara digital menggunakan platform pemasaran digital, seperti Meta Ads, Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Sebagai bentuk tanggung jawab Mierakigai kepada kliennya, Mierakigai membuat laporan bulanan terhadap hasil eksekusi strategi pemasaran digital kepada klien. Mierakigai memiliki sistem pembuatan laporan kinerja strategi pemasaran digital yang tidak efisien sehingga berdampak pada terlambatnya penyampaian informasi kepada klien. Setelah diidentifikasi, akar masalah gejala tersebut adalah penggunaan Microsoft Excel yang memiliki limitasi dalam mengintegrasikan data yang berasal dari berbagai sumber. Berdasarkan akar masalah tersebut, solusi yang ditawarkan adalah rancangan prototipe sistem business intelligence dashboard yang efisien untuk mengevaluasi kinerja strategi pemasaran digital. Rancangan prototipe sistem business intelligence (BI) dashboard dihasilkan melalui serangkaian tahapan mengikuti metodologi pengembangan dashboard milik Hariyanti (2008) dengan beberapa modifikasi. Pengembangan sistem BI dashboard terdiri dari 4 tahapan besar, yaitu (1)identifikasi kebutuhan, (2)perencanaan pengembangan dashboard, (3)perancangan prototipe sistem BI dashboard, dan (4)evaluasi prototipe sistem BI dashboard. Penelitian ini menghasilkan usulan metrik KPI standar pemasaran digital untuk Mierakigai sebanyak 18 metrik KPI, komponen sistem BI dashboard, serta prototipe sistem BI dashboard. Alat yang digunakan untuk merancang prototipe sistem BI dashboard ini adalah Microsoft SharePoint dan Microsoft Power BI. Usulan metrik KPI standar dan prototipe sistem BI dashboard telah terverifikasi dan tervalidasi dalam memenuhi spesifikasi dan kebutuhan perusahaan.