Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Mierakigai adalah perusahaan konsultasi yang menyediakan jasa pembuatan strategi
pemasaran digital bagi UMKM. Klien Mierakigai umumnya memasarkan produknya secara
digital menggunakan platform pemasaran digital, seperti Meta Ads, Tokopedia, Shopee, dan
Lazada. Sebagai bentuk tanggung jawab Mierakigai kepada kliennya, Mierakigai membuat
laporan bulanan terhadap hasil eksekusi strategi pemasaran digital kepada klien. Mierakigai
memiliki sistem pembuatan laporan kinerja strategi pemasaran digital yang tidak efisien
sehingga berdampak pada terlambatnya penyampaian informasi kepada klien. Setelah
diidentifikasi, akar masalah gejala tersebut adalah penggunaan Microsoft Excel yang
memiliki limitasi dalam mengintegrasikan data yang berasal dari berbagai sumber.
Berdasarkan akar masalah tersebut, solusi yang ditawarkan adalah rancangan prototipe
sistem business intelligence dashboard yang efisien untuk mengevaluasi kinerja strategi
pemasaran digital.
Rancangan prototipe sistem business intelligence (BI) dashboard dihasilkan melalui
serangkaian tahapan mengikuti metodologi pengembangan dashboard milik Hariyanti
(2008) dengan beberapa modifikasi. Pengembangan sistem BI dashboard terdiri dari 4
tahapan besar, yaitu (1)identifikasi kebutuhan, (2)perencanaan pengembangan dashboard,
(3)perancangan prototipe sistem BI dashboard, dan (4)evaluasi prototipe sistem BI
dashboard.
Penelitian ini menghasilkan usulan metrik KPI standar pemasaran digital untuk Mierakigai
sebanyak 18 metrik KPI, komponen sistem BI dashboard, serta prototipe sistem BI
dashboard. Alat yang digunakan untuk merancang prototipe sistem BI dashboard ini adalah
Microsoft SharePoint dan Microsoft Power BI. Usulan metrik KPI standar dan prototipe
sistem BI dashboard telah terverifikasi dan tervalidasi dalam memenuhi spesifikasi dan
kebutuhan perusahaan.