digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
PUBLIC Open In Flip Book Dessy Rondang Monaomi

Penerapan elemen feedback di dalam permainan edukasi berbasis kuis dinilai tidak konsisten dalam menghasilkan dampak pada motivasi dan capaian hasil belajar pada pembelajar. Penggunaan Bayesian Knowledge Tracing (BKT) sebagai adaptive feedback memang berhasil memberikan dampak pembelajaran terdahap pembelajar. Namun, model BKT klasik memiliki permasalahan Model Degeneracy jika pengaturan parameter slip probability dan guess probability tidak tepat. Penelitian ini berfokus pada perancangan, pembangunan, dan pengimplementasian model BKT baru yang dioptimasi dengan penggunaan logika fuzzy sebagai model adaptive feedback pada permainan edukasi berbasis kuis. Design Research Methodology (DRM) digunakan sebagai metodologi pada penelitian ini dengan pengujian menggunakan metode Pretest-Posttest Control Group Design serta pelaksanaan survei persepsi pengguna menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Hasil menunjukkan bahwa model BKT dengan optimasi logika fuzzy yang dikembangkan terbukti memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar penggunanya.