digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2024 SK PP Final Project_Rizqi Aulia Amanah_19217060
Terbatas Jufrizal Effendi, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

Media sosial telah menjadi platform utama bagi penggemar dekorasi rumah di Indonesia untuk mencari inspirasi. TikTok, sebagai salah satu platform yang dimanfaatkan Ancient Summer sebagai media pemasaran untuk meningkatkan kesadaran merek dan niat pembelian dalam industri dekorasi rumah. Meskipun aktif di TikTok dengan interaksi tinggi, Ancient Summer belum mengalami pertumbuhan penjualan yang signifikan, bahkan beberapa produk mengalami penurunan.Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh social media marketing TikTok terhadap brand awareness dan purchase intention di industri home decor. Dengan pertumbuhan yang pesat dalam penggunaan TikTok sebagai platform media sosial yang populer, pengaruhnya terhadap kesadaran merek dan niat pembelian telah menjadi subjek penting dalam pemasaran digital. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan regresi untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari responden yang merupakan followers TikTok Ancient Summer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok terbukti memiliki dampak positif yang signifikan terhadap niat pembelian konsumen. Temuan ini menunjukkan bahwa TikTok bukan hanya efektif sebagai alat untuk meningkatkan visibilitas merek, tetapi juga mampu mempengaruhi sikap konsumen dan keputusan pembelian mereka. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi praktisi pemasaran dalam industri home decor untuk memanfaatkan potensi penuh TikTok sebagai saluran strategis untuk meningkatkan engagement konsumen dan mencapai tujuan pemasaran mereka. Implikasi praktis dari temuan ini mencakup strategi pengembangan konten yang lebih terfokus pada estetika dan memanfaatkan fitur unik TikTok untuk mencapai audiens target secara efektif.