digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Studi ini mengkaji faktor utama yang mempengaruhi pilihan pembelian konsumen terhadap produk kue kering dan roti yang diproduksi secara lokal di Bandung, Indonesia. Penelitian ini berupaya memberikan wawasan bagi bisnis untuk mengoptimalkan strategi pemasaran dan penawaran produk mereka dengan menganalisis variabel seperti daya tarik visual, kualitas produk, pengaruh sosial, inovasi produk, lokasi, dan harga. Studi ini menggunakan pendekatan metode campuran, yang mencakup wawancara dengan pemilik usaha dari empat gerai roti dan kue kering sebagai representatif dari tiap segmen yang ada di industri ini serta survei yang dilakukan terhadap 100 konsumen untuk setiap segmen yang dilanjutkan dengan analisis menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti pengaruh sosial, lokasi, dan harga mempunyai pengaruh yang besar terhadap perilaku pembelian pelanggan industri roti dan kue kering di Bandung. Memahami variabel-variabel ini penting bagi organisasi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan pendapatan, dan mencapai kesuksesan jangka panjang. Penelitian ini meningkatkan pemahaman keseluruhan tentang perilaku konsumen dengan berfokus pada preferensi dan tindakan konsumen yang berbeda dalam industri roti dan kue kering di Bandung. Tujuan utama dari studi ini adalah untuk membantu bisnis lokal dalam menyesuaikan diri dengan kebutuhan pasar, mendorong ekspansi berkelanjutan, dan mempertahankan daya saing dalam industri yang berubah dengan cepat.