English Storytelling merupakan salah satu kegiatan untuk meningkatkan
kemampuan dan kreativitas dengan bahasa Inggris. Bahasa Inggris yang bukan
merupakan bahasa utama di Indonesia, membuat beberapa anak memiliki kesulitan
dalam membiasakan diri dengan bahasa Inggris. Kegiatan bercerita mengajak anak
untuk berfikir kreatif dan kegiatan English Storytelling melatih anak untuk
berbicara dengan bahasa Inggris dari segi pengetahuan kosa kata dan penyusunan
kalimat. Namun, pada kegiatan English Storytelling sekolah dasar banyak
ditemukan anak-anak yang bercerita tanpa memahami alur cerita yang mereka
sampaikan sehingga cerita dapat terdengar monoton. Salah satu upaya agar anak
mendalami cerita yaitu dengan berinteraksi dengan cerita. Cerita lebih mudah
dipahami melalui gambar. Karena itu, penelitian akan mengkaji akan penerapan
gambar pada media belajar sebagai fasilitas alternatif untuk belajar English
Storytelling secara kreatif dengan menggunakan media konvensional buku dan
media belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar. Penelitian ini dibatasi
dengan target siswa kelas 4 – 5 sekolah dasar.