digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak Kayla Khalda Nur [27123025]
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

English Storytelling merupakan salah satu kegiatan untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas dengan bahasa Inggris. Bahasa Inggris yang bukan merupakan bahasa utama di Indonesia, membuat beberapa anak memiliki kesulitan dalam membiasakan diri dengan bahasa Inggris. Kegiatan bercerita mengajak anak untuk berfikir kreatif dan kegiatan English Storytelling melatih anak untuk berbicara dengan bahasa Inggris dari segi pengetahuan kosa kata dan penyusunan kalimat. Namun, pada kegiatan English Storytelling sekolah dasar banyak ditemukan anak-anak yang bercerita tanpa memahami alur cerita yang mereka sampaikan sehingga cerita dapat terdengar monoton. Salah satu upaya agar anak mendalami cerita yaitu dengan berinteraksi dengan cerita. Cerita lebih mudah dipahami melalui gambar. Karena itu, penelitian akan mengkaji akan penerapan gambar pada media belajar sebagai fasilitas alternatif untuk belajar English Storytelling secara kreatif dengan menggunakan media konvensional buku dan media belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar. Penelitian ini dibatasi dengan target siswa kelas 4 – 5 sekolah dasar.