Abstrak - Rafi Azhar Suganda Putra
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Jalan adalah sarana penting untuk mobilitas masyarakat, yang memerlukan
perkerasan yang kuat untuk menahan beban transportasi. Beton, meskipun kuat dan
ekonomis, memiliki kelemahan dalam menahan tegangan tarik karena sifat
getasnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan performa beton dengan
menambahkan serat polypropylene, yang diharapkan dapat memperbaiki sifat
mekanis beton. Penelitian ini mengevaluasi pengaruh penambahan serat
polypropylene terhadap nilai kuat tekan, kuat lentur, modulus elastisitas, ketahanan
lelah (fatigue), serta dampaknya pada desain tebal perkerasan jalan. Serat yang
digunakan adalah serat polypropylene dengan kadar 0 kg/m³, 3 kg/m³, dan 5 kg/m³.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan serat polypropylene dapat
meningkatkan atau menurunkan nilai kuat tekan, kuat lentur, dan modulus
elastisitas beton tergantung pada kadar serat dan jenis beton. Nilai optimum untuk
kuat tekan dan kuat lentur bervariasi untuk setiap jenis beton. Modulus elastisitas
tidak dapat dijadikan acuan signifikan dalam desain tebal perkerasan karena metode
desain yang digunakan tidak mempertimbangkan nilai ini secara langsung.
Penggunaan serat juga mempengaruhi nilai fatigue, meskipun pengaruhnya tidak
signifikan dalam desain tebal perkerasan menurut metode Manual Desain
Perkerasan Jalan 2017 dan Pd-T-14-2003. Hasil desain tebal perkerasan adalah
sebesar 30,5 cm dan 24 cm untuk setiap jenis beton dan variasi kadar serat
berdasarkan kedua metode tersebut. Dengan demikian, penggunaan serat
polypropylene dapat meningkatkan sifat mekanis beton dalam beberapa aspek,
tetapi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap desain tebal perkerasan jalan
kaku.